Raih Merdeka Award, Wali Kota Tarakan Ungkap Cita-Cita Majukan UMKM

Jumat, 2 April 2021 16:20 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Raih Merdeka Award, Wali Kota Tarakan Ungkap Cita-Cita Majukan UMKM Wali Kota Tarakan Khairul menerima Merdeka Award. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kota Tarakan menjadi salah satu penerima Merdeka Award 2021 untuk kategori daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi. Wali Kota Tarakan dr. Khairul hadir menerima langsung penghargaan yang diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Khairul membagikan cita-citanya terkait pengembangan UMKM di wilayah yang dipimpin. Cita-cita tersebut dia bagikan dalam acara Merdeka Award 2021.

Dia memiliki harapan agar para pelaku UMKM Tarakan tidak saja bertumbuh dan berkembang untuk merajai pasar lokal, melainkan juga unjuk gigi di pasar nasional hingga mancanegara. Diakuinya, untuk mencapai cita-cita itu, ada banyak kerja maupun program yang harus dilakukan.

wali kota tarakan khairul menerima merdeka award

"Banyak hal yang akan kita dorong kepada UMKM. Termasuk juga fasilitas yang kita berikan dalam rangka membangkitkan UMKM di masa pandemi," ujar Khairul di sela-sela acara Merdeka Award 2021, Jumat (2/4).

Salah satu program anyar yang sedang digalakkan Pemerintah Kota Tarakan adalah penggunaan produk UMKM secara masif. Diharapkan program ini mendorong peningkatan penggunaan produk UMKM. Pemkot Tarakan menjadi garda terdepan penggunaan produk UMKM. Pihak lain, termasuk swasta, diharapkan ikut dalam gerakan tersebut.

"Tidak hanya untuk kepentingan pemerintah daerah, tapi juga untuk dunia usaha lain, misalnya untuk hotel-hotel, mungkin kita berharap juga menggunakan program UMKM," urai dia.

Jika penggunaan produk UMKM menjadi tren,terutama antara satu jenis usaha dengan jenis usaha lain, maka akan muncul sinergitas antara dunia usaha. Dengan begitu UMKM dapat saling melengkapi.

wali kota tarakan khairul menerima merdeka award

"Jadi saling melengkapi saling menguatkan. Harapan kita semua yang ada saling menguatkan," ujar dia.

Selain itu, program yang sudah ada seperti bantuan dana bagi UMKM akan terus dilakukan bahkan ditingkatkan. Berbagai insentif dan dukungan juga digelontorkan Pemkot Tarakan. Misalnya memfasilitasi dan mengedukasi UMKM untuk berani masuk dan menjajakan produknya lewat platform e-commerce.

"Sehingga ke depan UMKM bisa tumbuh lebih besar dan produknya tidak hanya dikenal di Tarakan tapi juga di Indonesia dan bahkan mancanegara," jelasnya.

Menurut dia, Merdeka Award merupakan motivasi. Motivasi baik kepada dirinya sebagai penerima maupun kepada kepala daerah yang lain. Penghargaan dan apresiasi yang mereka terima tentu mendorong mereka untuk terus membangun inisiatif dan mencari cara baru untuk keluar dari pandemi covid ini dengan baik.

"Mudah-mudahan kegiatan semacam ini terus dilakukan oleh Merdeka.com," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Award
  3. Tarakan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini