Pupuk Kaltim Sasar Bisnis Suku Cadang Lintas Industri

Jumat, 22 Oktober 2021 21:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pupuk Kaltim Sasar Bisnis Suku Cadang Lintas Industri Pupuk Indonesia. istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tercatat memiliki 5 unit pabrik Urea kapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 unit pabrik Amoniak kapasitas 2,78 juta ton per tahun dan pabrik NPK kapasitas 350 ribu ton per tahun. Sebagai produsen pupuk, Pupuk Kaltim memiliki pabrik dengan tingkat kompleksitas operasional tinggi, yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dan tim khusus yang berpengalaman, mulai dari mengoperasikan pabrik hingga melakukan pemeliharaan.

Untuk tujuan tersebut, Pupuk Kaltim memiliki sebuah unit kerja yang dinamai Jasa Pelayanan Pabrik (JPP). JPP dibentuk untuk pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa operasional pabrik dapat terus berjalan lancar, dengan memberikan pemeliharaan berkala bersama para engineer berpengalaman, hingga fabrikasi suku cadang permesinan secara mandiri.

"Selain tugas utama memastikan laju operasional pabrik, kemampuan fabrikasi dan pengalaman teknis yang dimiliki unit kerja, JPP Pupuk Kaltim juga menyimpan potensi bisnis yang tak luput dikembangkan oleh Perusahaan. Kami mencanangkan JPP sebagai Strategic Business Unit dan mengkomersilkan layanan kepada industri dan perusahaan lain yang membutuhkan," ucap Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim, Hanggara Patrianta dikutip di Jakarta, Jumat (22/10).

Pengembangan JPP sebagai Strategic Business Unit dapat dilaksanakan karena kebutuhan perawatan pabrik internal perusahaan dapat direncanakan dan dikelola. JPP dapat memberikan layanan komersial seputar perancangan dan pembuatan suku cadang serta peralatan pabrik, serta jasa pemeliharaan dan perawatan pabrik bagi perusahaan dari berbagai industri.

Hanggara mengatakan, pengalaman JPP Pupuk Kaltim yang mumpuni sejak 1992 dalam pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim membuat Perusahaan tidak memerlukan proses pengadaan suku cadang dari pihak dari luar perusahaan. Pengalaman tersebut juga turut membuat JPP Pupuk Kaltim mampu memberikan standar tinggi dalam jasa fabrikasi suku cadang dan pemeliharaan pabrik.

"Suku cadang yang dipesan ke JPP dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pemesan, dengan menggunakan proses CNC (Computer Numerical Control) yang menghasilkan produk suku cadang yang berkualitas tinggi dengan standar sertifikasi nasional ISO 90001, maupun sertifikasi internasional dari TUV Rheinland," katanya.

2 dari 2 halaman

Kemampuan Produksi

Kemampuan produksi pabrik Pupuk Kaltim tidak hanya mampu melayani klien Perusahaan dari industri serupa, namun juga lintas industri dari mulai pertambangan, hingga transportasi. Beberapa perusahaan besar di Indonesia maupun luar negeri pun telah menggunakan jasa JPP Pupuk Kaltim. Beberapa di antaranya seperti INKA, Bukit Asam, Badak LNG, KPI (Kaltim Parna Industri) dan KNI (Kaltim Nitrat Indonesia).

Selain itu, beberapa produk yang paling sering dipesan antara lain ring hammer untuk menggerus batu bara, axle block, center plate untuk suku cadang kereta api dan modifikasi pipe, retubing yang dikerjakan di workshop SBU-JPP Pupuk Kaltim.

Sementara itu, dari sisi jasa, engineer-engineer berpengalaman dari JPP Pupuk Kaltim juga kerap dikirim ke berbagai perusahaan, baik dari dalam dan luar negeri guna melakukan berbagai kegiatan pemeliharaan pabrik, seperti pelaksanaan Turn Around dan Preventive Maintenance, perbaikan shut down atau break down pabrik, troubleshooting, pengujian dan analisis laboratorium, hingga inspeksi teknis untuk static equipment maupun rotating equipment.

Hanggara menambahkan, berkat pengalaman JPP dalam memelihara pabrik-pabrik Pupuk Kaltim yang menggunakan teknologi tinggi, pihaknya dapat belajar banyak dan menerapkan standar tinggi untuk menyediakan jasa serupa kepada industri lain. Ini turut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Perusahaan, mengingat Perusahaan dapat memastikan proses produksi berjalan lancar, sekaligus membuktikan bahwa jasa dan produk fabrikasi JPP Pupuk Kaltim dapat diterima di industri dengan sangat baik.

"Hal ini sejalan dengan upaya untuk meningkatkan dan menguatkan portofolio bisnis Perusahaan di berbagai lini selain proses produksi pupuk dan petrokimia, termasuk dalam penyediaan jasa perawatan operasional pabrik," tutupnya. [idr]

Baca juga:
Cadangan Pupuk Subsidi di Sumsel Aman Selama Musim Tanam
Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik Setiap Tahun
Sentralisasi Fungsi Holding Dorong BUMN Pupuk Jadi Perusahaan Kelas Dunia
Harga Sawit Pecah Rekor, Petani Keluhkan Pupuk Ikut Melambung
Pupuk Kaltim Komitmen Penuhi Standar Keamanan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pertumbuhan Industri
  3. Pupuk
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini