PUPR: Dibongkar, Gerbang Tol Cikarang Utama Tak Ada Lagi Mulai 23 Mei 2019

Kamis, 16 Mei 2019 17:17 Reporter : Merdeka
PUPR: Dibongkar, Gerbang Tol Cikarang Utama Tak Ada Lagi Mulai 23 Mei 2019 Gerbang Tol Cikarang Utama. ©Liputan6.com/Arya Manggala

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membongkar Gerbang Tol Cikarang Utama. Ini dilakukan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, Gerbang Tol Cikarang Utama tidak lagi digunakan untuk transaksi sejak 23 Mei 2019, Pukul 00.00. Gerbang tersebut akan dibongkar secara bertahap.

"Ini sudah resmi, dengan ditandatangani keputusan Pak Menteri (PUPR). Ada perubahan gate, di Cikarang utama tidak Ada," kata ‎Danang di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (16/5).

Danang mengungkapkan, sebagai gardu tol pengganti, PT Jasa Marga (Persero) telah menyiapkan gardu baru yaitu di Kilometer (Km) 70 Cikampek dan KM 67 Kali Hurip, dengan demikian transaksi dilakukan di dua gardu tersebut.

"Akan muncul di dua gate baru KM 70 di Cikampek dan KM 67 di gate Kali Hurip. Diharapkan bisa menampung separuh separuh," tuturnya.

Menurut Danang, pembongkaran Gardu Tol Cikarang Utama bertujuan untuk mengurangi waktu henti kendaraan yang hendak transaksi, selain ‎itu juga mengurangi kelokan sehingga meminimalisir pengurangan kecepatan. Salah satu pemicu pembongkaran Gardu Tol Cikarang Utama adalah kepadatan lalu lintas ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Manfaat yang Kita perolehan berkurang frekuensi berhenti kendaraan, secara masif akan berkurang waktu berhenti kendaraan, perbaikan lalu lintas akibat proyek,‎" tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini