PUPR dan Kementan Kerjasama Bangun Infrastruktur Air

Selasa, 3 Desember 2019 16:18 Reporter : Merdeka
PUPR dan Kementan Kerjasama Bangun Infrastruktur Air air bersih. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pembangunan infrastruktur ketahanan pangan. Kerjasama ini akan lebih ditekankan kepada pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) demi menjaga ketahanan pangan.

Penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari pertemuan Menteri Basuki dan Mentan SYL pada 8 November 2019, di mana kedua pihak pada saat itu sepakat secara informal melakukan kerjasama.

"MoU ini kita lebih sinergis, sehingga program ketahanan air bisa berjalan untuk mendukung ketahanan pangan," kata Menteri Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Selasa (3/12).

Guna mempercepat proses penandatanganan, Basuki mengaku terpaksa mencoret Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar dua direktur jenderal (dirjen) pada dua kementerian. Namun, dia belum merinci siapa saja dirjen yang dimaksud.

"Bahkan ada 1 pasal PKS antar kedua dirjen saya coret. Yowis langsung saja jalan. Cukup telepon-teleponan untuk melaksanakan MoU ini," ujar dia.

Sementara itu, Mentan Syahrul mengutarakan, Kementan dan Kementerian PUPR merupakan dua instansi yang tak bisa terpisahkan, lantaran saling terikat untuk bisa menyediakan infrastruktur air bagi masyarakat.

"Tak mungkin Kementan dan Kementerian PUPR jalan tanpa air dan infrastruktur. MoU ini memberikan ruang kepada kami menata lebih baik pertanian, dan bisa berakselerasi lebih kuat," ungkap dia.

Baca Selanjutnya: Krisis Pangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini