PUPR Beberkan 4 Kendala Implementasi Program Satu Juta Rumah

Selasa, 27 Agustus 2019 14:40 Reporter : Wilfridus Setu Embu
PUPR Beberkan 4 Kendala Implementasi Program Satu Juta Rumah Perumahan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menegaskan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk melancarkan program satu juta rumah.

Dia mengatakan, ada empat kendala utama dalam hal penyediaan perumahan di Program Satu Juta Rumah tersebut. Kendala pertama soal ketersediaan lahan, yang selalu menjadi tantangan awal bagi pelaksanaan program itu di lapangan.

"Karena memang negara belum ada penguasaan lahan. Makanya dalam Undang-Undang Pertanahan yang sedang digodok itu kita usulkan adanya Land Banking dan Land Consolidation untuk perumahan," kata dia, di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (28/7).

Tantangan kedua terkait pembiayaan. Tantangan tersebut sudah coba diatasi pihaknya dengan keterlibatan dan kolaborasi para stakeholder terkait. "Itu lah yang sudah kita buktikan di program sejuta rumah, melalui kolaborasi seluruh stakeholder dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, pengembang, investor, perbankan, dan masyarakat. Sudah terbukti," ungkapnya.

Kendala ketiga, terkait regulasi. Sejauh ini pihaknya telah berusaha mendorong regulasi yang ramah investasi. Hanya memang patut diakui masih diperlukan upaya lebih dalam implementasi regulasi di level daerah harus dioptimalkan lagi.

Tantangan Keempat, terkait standarisasi. Untuk mengatasi itu, lanjut Khalawi, pihaknya akan merevisi Kepmen Kimpraswil Nomor 403/KPTS/M/2002 Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat. "(Tantangan) Keempat, adalah masalah standarisasi. Kita sedang menggodok revisi Kepmen 403 Tentang Standarisasi ini," tandasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, hingga 18 Agustus 2019 realisasi program sejuta rasa telah mencapai 808 ribu unit. Diketahui, pada tahun ini target ditetapkan yakni 1,25 juta unit hunian. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini