Puan Soal Resesi 2023: Tak Ada Negara yang Mampu Hadapi Sendirian

Kamis, 6 Oktober 2022 17:27 Reporter : Anisyah Al Faqir
Puan Soal Resesi 2023: Tak Ada Negara yang Mampu Hadapi Sendirian Ketua DPR Puan Maharani. ©dpr.go.id/Eno/Man

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani mengatakan, kondisi ekonomi global saat ini berpotensi membuat ekonomi negara-negara dunia terancam. Mengingat adanya lonjakan inflasi, respon kebijakan moneter, perlambatan ekonomi, konflik geopolitik, serta meluasnya stagflasi.

"Kita menyadari bersama, bahwa kondisi perekonomian global saat ini, menempatkan setiap negara berada dalam kerentanan yang tinggi. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun 2023," kata Puan dalam dalam pembukaan The 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit (P20) di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Kamis (6/10).

Dalam menghadapi gejolak dan tantangan global ke depan, Puan menyebut tidak ada satu negara yang mampu menghadapinya sendirian. Setiap negara membutuhkan kerja sama dengan negara lainnya.

"Tidak ada satu negara yang mampu menghadapinya sendirian," katanya.

Masalah lokal dapat dengan mudah berkembang menjadi krisis global yang akan berdampak pada kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai negara. Oleh karena itu, setiap negara harus selalu memperhitungkan kemungkinan terjadinya krisis global dalam setiap pembuatan kebijakan di dalam negeri.

Puan mengatakan, melalui kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong antar negara, diharapkan dapat meningkatkan daya respon setiap negara untuk menanggulangi permasalahan global. Sehingga dalam Sidang Forum P20 perlu dibentuk komitmen yang kuat, mengingat masyarakat di seluruh negara memiliki harapan besar agar P20 berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai gejolak dan tantangan global yang melanda dunia.

"Ini demi menyelamatkan nasib dunia yang ditentukan oleh keputusan-keputusan yang akan kita diambil," pungkasnya. [azz]

Baca juga:
Tak Hanya Resesi, Dunia Dihadapkan dengan Ancaman Perang Nuklir
Cara Menghadapi Resesi 2023, Berikut Tips Mengelola Keuangan
Ada Ancaman Resesi, WTO Prediksi Perdagangan Global Merosot di 2023
Seramnya Krisis Ekonomi Lebanon, Masyarakat Rampok Bank untuk Ambil Uang Sendiri
Terancam PHK, Siapkan 5 Hal Ini Agar Keuangan Tetap Stabil

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini