PU akan bangun 2 jalan tol senilai Rp 1,6 triliun

Kamis, 1 November 2012 12:21 Reporter : Saugy Riyandi
PU akan bangun 2 jalan tol senilai Rp 1,6 triliun

Merdeka.com - Dalam waktu dekat, Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) akan membangunan dua jalan bebas hambatan atau jalan tol yang diperkirakan bisa mulai beroperasi pada 2015. Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan dua jalan tol tersebut diperkirakan mencapai Rp 1,6 triliun.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murdjanto mengatakan, jalan tol tersebut berada di Jawa Barat dan Sumatera Utara. Pendanaannya masih menunggu tandatangan dari pemerintah dan Bank Exim China.

"Minggu depan China bakal tanda tangan loan aggrement nya, kalau sudah ditanda tangani kita sudah bisa mulai bekerja. Karena ini belum ada kontrak atau tanda tangan," ujar Djoko di Kementerian PU, Jakarta Kamis (01/11).

Djoko menegaskan lamanya penandatangan Loan Agreement tersebut disebabkan karena pemerintahan China yang masih belum mau mengeluarkan dana pinjamannya untuk proyek jalan tol ini.

"Bank Exim bilang alasan lama karena pemerintahnya. Masih cari-cari gimana solusinya, tapi sekarang sudah beres. Habis pinjamannya turun langsung ground breaking," tegasnya.

Dia menambahkan pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 1,6 triliun dan akan beroperasi pada tahun 2015. "Kontraktor sudah ada, loannya sekitar Rp 1 triliun untuk jalan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) dan Rp 600 miliar untuk Medan Kualanamu. Beroperasi 2015," katanya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Tol
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini