PTPN III Ajukan Dana Talangan Rp4 T dan Bunga 2 Persen

Rabu, 8 Juli 2020 17:43 Reporter : Merdeka
PTPN III Ajukan Dana Talangan Rp4 T dan Bunga 2 Persen Gedung DPR. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - PT Perkebunan Nusantara III membutuhkan dana talangan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional dampak covid-19 di bidang perkebunan sebesar Rp4 triliun. Dana talangan tersebut akan digunakan untuk investasi yang tertunda karena keterbatasan dana, serta tambahan investasi dan modal kerja dalam meningkatkan produksi dan profitabilitas perusahaan.

"Aset, perbaikan pemupukan, dan sebagainya segera akan kita belanjakan di bulan Agustus, kemudian terkait dengan skema pinjaman, kami tawarkan pinjaman melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Sarana Multi Infrastruktur (SMI), kemudian ada Pemerintah sebagai penjamin, itu kira-kira skema kasarnya," kata Direktur Utama PT PTPN III Holding, Muhammad Abdul Ghani, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR, Rabu (8/8).

Seluruh pinjaman pemerintah diproyeksikan akan seluruhnya ditarik di tahun 2020, dan pengembalian akan disesuaikan dengan instrumen yang digunakan. Namun diharapkan pengembalian baru dimulai setelah tahun ke-8.

"Kami merencanakan bahwa dana pinjaman Rp4 triliun ini kami kembalikan pokoknya mulai tahun 2028, artinya tahun ke delapan akan kami kembalikan dan dalam 3 tahun selesai, tahun 2031 selesai. Kemudian bunganya minta 2 persen, tapi terserah kita mengikuti pemerintah," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Proyeksi Kinerja PTPN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini