PT Pertamina dan BUMN perkapalan kerja sama tingkatkan industri kapal RI

Jumat, 29 September 2017 10:49 Reporter : Siti Nur Azzura
PT Pertamina dan BUMN perkapalan kerja sama tingkatkan industri kapal RI PT Pertamina kerja sama dengan BUMN perkapalan. ©2017 Merdeka.com/azzura

Merdeka.com - PT Pertamina menandatangani kerja sama dengan badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kluster Industri Berat dan Perkapalan, guna meningkatkan industri perkapalan lokal. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dalam kerja sama ini, Menteri Rini meminta agar Pertamina dan BUMN perkapalan bisa fokus untuk menjadikan industri perkapalan menjadi lebih baik. Diharapkan agar kerja sama ini bisa terealisasi dengan baik.

"Saya terus menekankan bahwa kalau tidak bisa ya kerja sama. Kita sebagai perusahaan bukan untuk buat satu, namun 100. Kita bisa kok bikin sendiri, tetapi ada kalanya kita harus kerja sama," kata Rini di kantornya, Jakarta, Jumat (29/9).

Menurutnya, sinergi yang dilakukan oleh perusahaan BUMN untuk memberi keuntungan, tidak hanya bagi BUMN namun seluruh masyarakat Indonesia. "Saya sering melihat dan meriview, bahwa kerja sama itu kadang merugikan kita. Saya titip untuk dijaga betul," imbuhnya.

Ada pun BUMN perkapalan yang bekerja sama dengan Pertamina adalah PT PAL Indonesia, DKB, PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Industri Kapal Indonesia, Barata Indonesia, dan PT Boma Bisma Indra.

"Saya juga titip, Pertamina kan sudah banyak order kapal, tolong di share. Kalau Pertamina ada kebutuhan teknologi yang belum kita miliki, dan menjadi bagian yang diharuskan di pertamina, mungkin perusahaan mana yang bisa dikerjasamakan dengan BUMN kita. sehingga hal ini yang membuat kita sebagai bangsa menjadi lebih baik," pungkas Rini. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina
  2. BUMN
  3. Rini Soemarno
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini