PT INKA Berencana Perluas Bisnis ke Afrika

Senin, 26 Agustus 2019 12:51 Reporter : Dwi Aditya Putra
PT INKA Berencana Perluas Bisnis ke Afrika PT INKA. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA terus melakukan penetrasi untuk memenuhi kebutuhan pasar kereta api di beberapa negara-negara Asean. Setelah sukses, menyelesaikan kontrak dengan Bangladesh, pihaknya kini tertarik masuk ke wilayah Afrika.

Presiden Direktur PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerima tawaran permintaan produksi kereta api untuk beberapa negara di kawasan Afrika. Kendati begitu, pihaknya masih ingin melakukan penjajakan terlebih dahulu.

"Untuk Afrika kemarin sebetulnya cukup banyak yang menginginkan produk dari kami dari INKA khususnya untuk membantu teman-teman di negara Afrika, tapi ini masih dalam proses," kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin (26/8).

Dia menjelaskan, untuk merambah ke negara Afrika memang harus membutuhkan satu paket dimulai dari perencanaan, investasi, pengadaan, serta pengawasan yang akan dilakukan pihaknya. Sebab, dengan itu semua akan lebih memudahkan pihaknya masuk ke arah sana.

"Harapan saya tiga tahun ke depan sih akan banyak kita supply ke negara Afrika. Namun yang paling dekat adalah dengan Madagaskar, kemudian juga dengan Nigeria nanti kita masuk ke sana," tambah dia.

Sebelumnya, PT INKA (Persero) tengah menjajaki kerja sama dengan Madagaskar untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan infrastruktur perkeretaapian.

Direktur Utama Budi Noviantoro menjelaskan, INKA akan berkolaborasi dengan beberapa BUMN seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), PT Timah Tbk, termasuk Indonesia Eximbank selaku lembaga pembiayaan untuk mewujudkan kerja sama tersebut. Mekanisme kerja sama adalah build operator transfer alias (BOT).

"Misalkan kita kontrak investasi disitu bareng-bareng katakanlah X kita minta 30 tahun. Setelah 30 tahun, serahkan ke pemerintah mereka," kata dia, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (19/8). [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini