PT Bank Syariah Indonesia Masuk Daftar 10 Bank Terbesar di Indonesia

Rabu, 16 Desember 2020 16:37 Reporter : Anisyah Al Faqir
PT Bank Syariah Indonesia Masuk Daftar 10 Bank Terbesar di Indonesia ilustrasi bank. mybusiness.com.au

Merdeka.com - PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah resmi bergabung dan berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. pada Februari 2021 mendatang. Bank hasil merger ini memiliki aset senilai Rp214,6 triliun dengan modal inti Rp20,4 triliun.

"Aset (Bank Syariah Indonesia) Rp210 triliun," kata Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo dalam Konferensi Pers Penandatanganan Akta Penggabungan Tiga Bank Syariah Milik Himbara, Jakarta, Rabu (16/12).

Jumlah tersebut menempatkan bank hasil merger masuk dalam daftar 10 besar bank terbesar di Tanah Air dari sisi aset. Sekaligus menjadi TOP 10 bank syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar.

Selain itu, BSI memiliki 1.200 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Tiko sapaan Kartika, ingin kantor cabang ketiga bank ini bisa mendorong pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK). Bahkan menargetkan pengumpulan DPK harus bisa melampaui pencapaian dari bank konvensional.

"Diharapkan pertumbuhan ini bisa melebihi pertumbuhan bank konvensional, karena kita memahami pertumbuhan aset bank syariah ini selalu lebih tinggi dari bank konvensional," kata dia.

Tiko menyebut target itu merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. "Ini merupakan arahan inisiatif dari presiden ini bisa jadi katalis ekonomi syariah di masyarakat," kata dia.

Baca Selanjutnya: Lisensi Internasional...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bank Syariah
  3. Perbankan
  4. BUMN
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini