Proyek jalan tol Malang-Pandaan dan Manado-Belitung ditawarkan

Senin, 25 Februari 2013 13:56 Reporter : Idris Rusadi Putra
Proyek jalan tol Malang-Pandaan dan Manado-Belitung ditawarkan ilustrasi pembangunan jalan tol. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menawarkan setidaknya 15 proyek infrastruktur yang dibiayai dengan skema kerja sama pemerintah dan swasta atau yang lebih dikenal dengan public private partnership (PPP).

Proyek yang akan ditawarkan antara lain pembangunan jalan tol Malang-Pandaan dan jalan tol Manado-Bitung.

Direktur Perencanaan dan Infrastruktur BKPM Fritz Horas Silalahi mengatakan, pembebasan lahan di tol Malang-Pandaan baru 10 persen. Namun proyek ini akan tetap ditawarkan seiring pembebasan lahannya. Sedangkan untuk jalan tol Manado-Bitung saat ini belum tersentuh sama sekali.

"Proyek 2013 ini ada juga proyek carry over tahun sebelumnya. Ada beberapa proyek yang sedang kita lakukan studi kelayakan," ucap Fritz dalam konfrensi pers di Sari Kuring, Jakarta, Senin (25/2).

Proyek jalan tol Malang-Pandaan diperkirakan akan memakan investasi sebesar USD 420 juta. Selain proyek ini, pihaknya juga akan menawarkan proyek Jambi Coal Power Plant 2X400 MW dan Lamongan Water Supply.

"Selain itu ada proyek Jambi Coal Power Plant 800 MW, Lamongan water supply, jalan tol Manado - Bitung yang belum tersentuh karena pembebasan lahan tanggung jawab Pemda," jelasnya.

Mekanisme KPS atau Kerjasama Pemerintah Swasta adalah proyek pemerintah yang dikerjasamakan dengan pihak swasta yang diberikan kewenangan dalam hal pembangunan, pengoperasian dan pengelolaan proyek dalam periode tertentu. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Tol
  2. BKPM
  3. Infrastruktur
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini