Proyek Ibu Kota Baru Geliatkan Ekonomi Pasca Pandemi

Rabu, 7 April 2021 17:27 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Proyek Ibu Kota Baru Geliatkan Ekonomi Pasca Pandemi Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru akan membantu menggeliatkan ekonomi. Pembangunan ibu kota baru tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja dan material sehingga akan mendorong pelaku industri bergerak.

"Ini kan membangkitkan backward linkages ke belakang. Industri yang tadinya bergerak di bawah kapasitas bergerak ke kapasitas efektifnya dan mendorong purcashe manager index naik," kata Menteri Suharso dikutip dari Antara, Rabu (7/4).

Menteri Suharso mengatakan pembangunan IKN merupakan lahan baru bagi para pengusaha untuk meningkatkan kembali produktivitas yang menurun akibat pandemi COVID-19.

Pemerintah optimistis melalui pembangunan IKN yang termasuk pembangunan rumah sakit, universitas, perkantoran hingga lifestyle akan mendorong mobilitas yang besar.

"Ini memberikan stimulan kepada swasta nasional untuk mau membangun dan mendapatkan manfaat dari situ. Sehingga tingkat produktivitas modal naik dan menjadi objek pajak yang baik, berjalan juga dengan seterusnya," jelasnya.

Dia menyebutkan pembangunan dan pemindahan IKN akan mampu berdampak positif pada berbagai faktor dan sektor-sektor pendorong ekonomi dengan kontribusi antara 1,8 persen sampai 2,2 persen terhadap perekonomian.

Baca Selanjutnya: Target Rampung Agustus 2024 Pembangunan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini