Produksi Kilang Pertamina Lampaui Target Beri Kepastian Penyediaan BBM Dalam Negeri

Senin, 1 Maret 2021 19:15 Reporter : Merdeka
Produksi Kilang Pertamina Lampaui Target Beri Kepastian Penyediaan BBM Dalam Negeri Kilang. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) merealisasikan penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang mencapai 7,3 persen dari target pada 2020. Ini termasuk untuk produk kilang untuk dikonsumsi yang naik sebesar 11,5 persen.

Penyerapan ini menjadi bagian upaya perusahaan demi mencapai target operasional yang telah ditetapkan, salah satunya terkait kinerja kilang. Keberhasilan Pertamina merupakan bentuk kerja keras perusahaan tersebut.

"Dengan capaian yang dihasilkan oleh PT KPI saya melihatnya sebagai upaya keberhasilan manajemen KPI, beserta dengan jajaran di bawahnya," kata Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan.

Pencapaian ini, disebut sangat positif dalam mendukung ketahanan energy Indonesia, karena adanya kepastian penyediaan BBM dalam negeri.

"Ke depan, saya kira program Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina, merupakan upaya menjaga ketahanan energi nasional kita ke depannya. Melalui program ini, kemampuan kilang akan semakin besar dalam memproduksi bahan bakar minyak dengan berbagai macam crude oil," ujar Mamit.

Menurutnya, jajaran di bawah manajemen PTK KPI memahami upaya meningkatkan produksi kilang. Sehingga, capaian-capaian yang ditargetkan tercapai.

"Selain itu, dengan mulai berjalannya program-program kilang yang sudah direncanakan seperti kilang Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Refinery Unit (RU) IV Cilacap semakin meningkatkan produksi kilang Pertamina," jelas Mamit.

Dikatakan manajemen dan jajaran tetap bisa mengoptimalkan produksi dengan tetap menjaga protokol kesehatan meski di tengah kondisi pandemi Covid-19 sepanjang 2020. "Biar bagaimanapun, kilang Pertamina sebagai aset besar Pertamina sekaligus penunjang keuangan Pertamina harus bisa lebih efisien dalam operasional mereka," ungkap dia.

Baca Selanjutnya: Ketahanan Energi Nasional...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kilang
  3. Pertamina
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini