Produk UMKM Indonesia ini Tetap Diincar Konsumen Dunia Meski Ekonomi Tengah Lesu

Kamis, 26 Desember 2019 15:24 Reporter : Merdeka
Produk UMKM Indonesia ini Tetap Diincar Konsumen Dunia Meski Ekonomi Tengah Lesu Pameran UMKM di Rakernas IWAPI. ©2016 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki, mengungkapkan produk-produk UMKM yang diminati oleh pasar dunia. Seperti produk hasil laut, dekorasi rumah, fesyen, kuliner, kerajinan tangan, dan perhiasan.

"Hasil-hasil laut dari rumput laut, udang, lobster, termasuk juga kepiting. Hortikultura, buah segar, banyak sekali. Furniture, pajangan, kerajinan, perhiasan termasuk perak dan emas," jelas Menteri Teten dalam acara Ngobrol Santai SMESCO dengan tema The Future of Indonesia SME, di SMESCO Tower, Jakarta, Kamis (26/12).

Menteri Teten menambahkan beberapa produk memang bersifat primer atau tetap dibutuhkan seburuk apapun kondisi keuangan. Seperti makanan dan busana khususnya kategori muslim.

"Banyak sekali kesempatan di tengah perekonomian dunia yang sedang lesu, permintaan produk UMKM justru punya potensi sangat besar," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Adaptif Teknologi Guna Naik Kelas

guna naik kelas

Selain itu, menurutnya, UMKM harus memulai menggunakan teknologi untuk naik kelas. "Bagaimana mau naik kelas kalau terus-terusan hanya bikin kripik, akik, kripik, batik. Harus masuk ke teknologi unggulan. Sehingga infrastruktur, ekosistem, daya pengembangan usaha dan SDM akan kita dukung," jelasnya.

Menteri Teten mengingatkan guna meningkatkan daya saing, produk Indonesia harus menawarkan keunggulan desain. Baik kemasan yang menarik atau produk unik.

"Secara teknologi harus mulai menggunakan teknologi pengolahan yang tinggi. Karena produk UMKM kita di dalam negeri harus bersaing dengan produk impor," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah akan menerapkan sistem klasterisasi dalam menggenjot ekspor UKM Tanah Air. Hal ini salah satunya bertujuan memudahkan pembinaan.

"Agar bisa dapat insentif seperti perusahaan besar, kita akan buat kluster sesuai sentra produksi dan komoditi," katanya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

Baca juga:
UMG Idealab dan Inovator Kiwi Aliwarga Fokus Tiga Isu Ini di Indonesia 2020
Presiden Jokowi Yakin Ekspor Produk UMKM Bakal Terus Meningkat
Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Produk UKM Indonesia Melalui PLB E-Commerce
Potret Perajin Kompor Cawang yang Kini Beralih
Menteri Teten Dorong Warung Tradisional untuk Naik Kelas dan Go Digital
Strategi Pemerintah Jokowi Dorong Produk Warung Mendunia
Menteri Teten Sebut Pemberian 20 Ruang Gratis untuk UMKM di Mal Tak Mendidik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini