Produk buatan narapidana Indonesia ini sukses tembus pasar Eropa

Rabu, 11 Desember 2013 13:56 Reporter : Idris Rusadi Putra
Produk buatan narapidana Indonesia ini sukses tembus pasar Eropa

Merdeka.com - Narapidana Indonesia ternyata juga bisa berkreasi menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas. Bahkan, beberapa produk sudah di ekspor keluar negeri seperti Eropa seperti kursi rotan, sarung tangan baseball dan produk mebel lainnya.

Direktur Bina Narapidana dan Pelayanan Tahanan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Tuti Nurhayati, mengatakan produk kerajinan napi saat ini telah berkualitas internasional dan sudah dipercaya di pasar luar negeri.

Beberapa lapas yang telah menghasilkan produk ekspor ini antara lain lapas narkotika Cirebon, Majalengka di Subang dan lapas di Bandung.

"Salah satunya kursi rotan sintetis itu sudah ekspor juga dan itu hasil produksi lapas narkotika Cirebon, Majalengka di Subang dan lapas di Bandung," kata Tuti ketika dihubungi di Jakarta, Rabu (11/12).

Untuk memproduksi ini, warga binaan di lapas sudah bekerja sama dengan perusahaan mitra yang memberikan modal kerja. Selain kursi rotan sintetis, produk lain adalah sarung tangan baseball yang juga sudah menembus pasar Eropa. Napi yang memproduksi ini adalah lapas Ambarawa.

"Sarung tangan base ball itu ekspor dari lapas Ambarawa. Sebetulnya ada sepatu juga, namun sepatu tidak dipamerkan (Napi Expo 2013 di JCC). Tapi sepatu itu sudah di ekspor," jelasnya.

Produk hasil warga binaan lainnya yang telah tembus pasar Eropa adalah Chesp 3 Drawer atau lemari laci. Produk ini dihasilkan napi di Porong, Jawa Timur. Bahkan Tuti menyebut di lapas saat ini sudah seperti pabrik yang memproduksi banyak barang.

"Itu mebel seperti lemari-lemarian, namanya chesp 3 drawer. Itu sudah ekspor ke Eropa. Dari lapas Porong Jawa Timur. Untuk nilai ekspor keseluruhan saya kurang tau karena itu di perusahaan," tutupnya. [bim]

Topik berita Terkait:
  1. Ekspor Impor
  2. Ekonomi Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini