Presiden Jokowi: Wilayah perbatasan cerminan wajah Indonesia

Rabu, 28 Desember 2016 12:05 Reporter : Siti Nur Azzura
Presiden Jokowi: Wilayah perbatasan cerminan wajah Indonesia Presiden Jokowi. ©REUTERS/Darren Whiteside

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan wilayah perbatasan menunjukkan kebanggaan dan wajah bangsa Indonesia. Sehingga, dengan diresmikannya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Mota Ain, Nusa Tenggara Timur (NTT), dia berharap wilayah perbatasan Indonesia akan lebih baik di mata dunia.

"Ini masalah kebanggaan, masalah wajah kita, bukan hanya wajah NTT tapi juga wajah Indonesia," kata Presiden Jokowi dikutip Antara, Rabu (28/12).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi sempat mengutarakan rasa prihatinnya saat berkunjung ke pos perbatasan Indonesia-Timor Leste tersebut, dua tahun lalu. Menurutnya, kondisi bangunan PBLN saat itu tidak lebih bagus dibanding Kantor Kelurahan.

"Saya ingat betul bahwa bangunan pos lintas perbatasan yang ada di sini (Mota Ain) kalau dibandingkan dengan pos lintas di negara sebelah (Timor Leste) betul-betul saya sangat malu," ungkap Jokowi.

"Kantornya dengan kantor kelurahan saja lebih bagus kantor kelurahan. Meja kursinya juga pas saya masuk ke dalam kaya meja kursinya, mohon maaf agak bingung saya mengatakan, pokoknya jelek-jelek semuanya," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk membangun PLBN Mota Ain ini. "Saya kasih waktu dua tahun, jangan diundur dan kita bisa melakukan, bisa membangun. Kita juga punya anggaran, tadi bilangnya (habisnya) Rp 82 miliar," kata Presiden.

Nantinya, lanjut Jokowi, di sekitar PLBN ini juga akan didorong menjadi pusat perekonomian masyarakat perbatasan. "Dan ini baru pos, belum ekonomi. Saya ingin pasar tradisional tahun 2017 sudah selesai tahap kedua. Mota Ain ini menjadi kawasan ekonomi dan titik perekonomian baru di NTT," pungkasnya.

[idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini