Presiden Jokowi Sebut Uni Emirat Arab Akan Investasi ke Labuan Bajo

Senin, 20 Januari 2020 15:19 Reporter : Merdeka
Presiden Jokowi Sebut Uni Emirat Arab Akan Investasi ke Labuan Bajo Jokowi di Labuan Bajo. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Puncang Waringin yang akan menjadi pusat industri kreatif (creative hub) di Kabupaten Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah terus membenahi Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas guna membuka pintu bagi investor asing.

"Nah, dari infrastruktur yang diperbaiki, dari landscape yang diperbaiki, dari tata ruang yang diperbaiki, dari pelabuhan yang diperbaiki, itu akan memberikan andil bagi ketertarikan investasi, termasuk ke sini," jelasnya di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Senin (20/1).

Menurut informasinya, beberapa investor di antaranya sudah memberikan lampu hijau untuk menanamkan modalnya ke Labuan Bajo. Namun, Jokowi tak bisa menyebutkan secara spesifik siapa saja karena belum ada penandatanganan.

Jokowi menambahkan, investasi tersebut datang baik dari dalam maupun luar negeri. "Ada yang dari domestik, ada yang dari asing," ungkap dia.

Jokowi pun membenarkan, salah satu investor berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), yang beberapa waktu lalu telah menjalin kesepakatan dengan Indonesia dengan proyek senilai USD 22,8 miliar. "Dari sana (UEA) juga ada," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Sediakan Anggaran Rp979 Miliar

anggaran rp979 miliar rev1

Berdasarkan data Kementerian PUPR, pemerintah telah menyediakan anggaran sekitar Rp979 miliar untuk pengembangan lanjutan KSPN Labuan Bajo pada beberapa sektor, seperti pembukaan akses jalan hingga pembangunan infrastruktur permukiman.

Dengan rincian, penataan kawasan Pantai-Bukit Pramuka senilai Rp200 miliar. Lalu pengembangan Kawasan Batu Cermin sebesar Rp42 miliar, yang terdiri dari pengerjaan gapura, jalan, jalur pedestrian, drainase, street furniture, dan landscape Goa Cermin.

Selanjutnya, penataan kawasan industri pariwisata Puncak Waringin senilai Rp30 miliar, pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kabupaten Manggarai Barat untuk 13.500 kepala keluarga (KK), dan pengembangan Pulau Rinca Rp30 miliar.

Kemudian, optimalisasi jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Labuan Bajo, pembangunan Instalasi Pengolahan Air berkapasitas 60 liter per detik SPAM Wae Mese II, serta optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Labuan Bajo dengan nilai anggaran Rp10,2 miliar.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Jokowi Siapkan Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah Pertemuan G20 dan ASEAN Summit di 2023
Presiden Jokowi Inginkan Jadi Wisata Super Premium, ini Sederet Masalah Labuan Bajo
Percantik Labuan Bajo, PUPR Siapkan Dana Pembangunan Rp979 M Target Selesai Desember
Jokowi sebut Labuan Bajo akan jadi Destinasi Wisata Super Premium
Naik Kapal Pinisi, Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo
Bertolak ke Labuan Bajo, Jokowi Tinjau Pembangunan Infrastruktur Transportasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini