Presiden Jokowi minta perbankan sediakan kredit bagi mahasiswa kurang mampu

Kamis, 15 Maret 2018 15:00 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi minta perbankan sediakan kredit bagi mahasiswa kurang mampu Joko Widodo. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan menyediakan model kredit atau pinjaman kepada siswa/mahasiswa kurang mampu. Model kredit ini dikenal dengan sebutan student loan.

"Saya ingin memberi PR kepada bapak ibu sekalian dengan yang namanya student loan atau kredit pendidikan," ungkapnya saat bertemu dengan para pimpinan bank umum Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3).

Jokowi mencontohkan, Amerika Serikat sudah menerapkan model student loan. Dari beberapa informasi yang diperoleh Kepala Negara, nilai outstanding seluruh kredit pendidikan negara Paman Sam itu telah melampau portal pinjaman kartu kredit.

"Kaget saya membaca itu. Total pinjaman kartu kredit di AS ini adalah USD 800 miliar. Sementara total pinjaman kredit pendidikan USD 1,3 triliun di AS," ujarnya.

"Kalau di negara kita bisa seperti ini, yang konsumtif akan pindah ke hal-hal yang produktif dan visi ke depan. Tolong ini dipelajari," sambung Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini berharap pengelolaan kredit perbankan bisa memberikan dampak positif bagi Tanah Air. Misalnya memberikan nilai tambah pada dunia pendidikan dan pengembangan intelektual anak bangsa.

"Jadi tolong potensi-potensi inovasi menjadi perhatian serius kita. Karena kalau tidak berinovasi nantinya orang akan ambil. Itu pasti," ujar dia.

Dari informasi yang ditelusuri merdeka.com, student loan adalah pinjaman yang ditawarkan pihak perbankan kepada siswa untuk melunasi biaya yang berhubungan dengan pendidikan seperti biaya kuliah, tempat tinggal atau buku pelajaran. Biasanya pinjaman ini memiliki suku bunga yang lebih rendah dari pinjaman yang lain.

Siswa tidak diharuskan untuk membayar kembali pinjaman ini sampai akhir masa sekolah atau kuliahnya, di mana biasanya mulai dibayar atau dilunasi setelah mereka menyelesaikan pendidikan mereka. [azz]

Baca juga:
Mandiri Utama Finance incar pembiayaan Rp 10 triliun di 2018, naik 39 persen
Jokowi sentil bos perbankan agar tak main aman & berani ambil risiko
Presiden Jokowi kumpulkan pimpinan bank umum Indonesia di Istana
BRI duga kasus raibnya dana nasabah libatkan jaringan internasional
BRI soal misteri raibnya uang nasabah: Begitu ada pengaduan dijamin diganti

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini