Presiden Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Revitalisasi Benteng Pendem

Jumat, 1 Februari 2019 14:25 Reporter : Merdeka
Presiden Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Revitalisasi Benteng Pendem Presiden Jokowi. ©Liputan6.com/Hanz Salim

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera merevitalisasi Benteng Van den Bosch atau Pendem di Ngawi Jawa Timur. Dia pun meminta agar proses revitalisasi tersbeut bisa dilakukan tahun ini.

"Tahun ini langsung dikerjakan oleh Kementerian PU. Tadi sudah langsung saya telepon dan sudah siap," kata Jokowi usai meninjau Benteng Pendem, Jumat (1/2).

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengatakan benteng tersebut merupakan warisan pusaka yang harus dijaga dan dipelihara. Sehingga, harus segera direvitalisasi tahun ini.

"Kita melihat karena tahun ini akan segera kita restorasi sehingga peninggalan-peninggalan ini harus kita rawat. Warisan pusaka seperti ini, heritage seperti ini, memang harus dijaga dan dipelihara," jelasnya.

Jokowi menyebut revitalisasi Benteng Pendem ini ditargetkan rampung dalam waktu dua tahun. Sebab, ada kaidah-kaidah keperbukalaan yang harus diikuti untuk merevitalisasi bangunan bersejerah.

"Ini mungkin tahun ini separuh, tahun depan separuh. Dua tahun insyaallah rampung. Karena untuk merestorasi bangunan seperti ini ada kaidah-kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti. Tidak bisa cepat-cepat kayak bangun bangunan yang lain," ucapnya.

Sebagai informasi, Benteng Van des Bosch memiliki ukuran bangunan 165 m x 80 m dengan luas tanah 15 Ha. Lokasinya berdekatan dengan Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Letak benteng ini sangat strategis karena berada di sudut pertemuan sungai Bengawan Solodan Sungai Madiun. Benteng ini dulu sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar terpendam.

Di dalam benteng ini terdapat makam K.H Muhammad Nursalim, yaitu salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang ditangkap oleh Belanda dan dibawa ke Benteng ini, konon K.H. Muhammad Nursalim adalah orang yang menyebarkan agama Islam pertama di Ngawi.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini