Presiden Jokowi Gelar Rapat, Genjot Industri Mebel di Indonesia

Selasa, 10 September 2019 16:50 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Presiden Jokowi Gelar Rapat, Genjot Industri Mebel di Indonesia Presiden Jokowi. ©Liputan6.com/Hanz Salim

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama menteri kabinet kerja tentang Peningkatan Ekspor Permebelan, Rotan dan Kayu. Dalam rapat tersebut Jokowi meminta agar produk mebel Indonesia memiliki daya saing di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Sore ini saya ingin lebih menkonkretkan lagi kebutuhan-kebutuhan yang ada terutama dalam peningkatan ekspor mebel, dan produk-produk kayu dan rotan dari negara kita," kata Jokowi saat buka rapat di Kantornya, Jalan Merdeka Barat, Selasa (10/9)

Dia menjelaskan daya saing permebelan akan mendapat peluang besar. Hal itu terlihat kata dia, dari informasi yang didapat dari World Bank bahwa mebel, produk kayu dan rotan adalah kesempatan besar untuk masuk ke pasar terutama yang berkaitan dengan perang dagang.

Sebab itu, ingin ada tindakan konkret dan policy dari kementerian yang memberikan dukungan terhadap itu. Sehingga apa yang diinginkan para pengusaha terutama pengusaha rotan dan mebel akan direalisasikan.

"Nanti nanti bisa kita realisasikan, ini berangkat dari informasi yang saya terima dari pasar Tiongkok yang dulu ditinggalkan karena perang dagang. Inilah yang jadi kesempatan kita," ungkap Jokowi.

Diketahui Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang 2018, kontribusi industri furnitur terhadap PDB industri nonmigas sebesar 1,36%. Di samping itu, pertumbuhan sektor industri furnitur di Indonesia memperlihatkan tren positif. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini