Ke Lampung, Presiden Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

Jumat, 15 November 2019 09:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ke Lampung, Presiden Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia Tol Trans Sumatera. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Lampung Selatan, Lampung menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Rencananya, Jokowi dalam kunjungannya akan meresmikan Ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

"Peresmian tersebut dipusatkan di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung," kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Jumat (15/11).

Peresmian tersebut dihadiri juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengklaim, ruas jalan tol ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia. "Jalan tol ini memiliki panjang 189 km dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Arinal dikutip Antara.

Pihaknya bersama Korem 043/Gatam dan Polda Lampung serta pihak istana telah melakukan pengamanan lokasi dan lalu lintas untuk lebih memantapkan persiapan.

1 dari 1 halaman

Tingkatkan Konektivitas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung mulai beroperasi akhir tahun ini. Saat ini, tol sepanjang 189,2 kilometer tersebut tengah memasuki tahap penyelesaian akhir pembangunan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan pembangunan tol akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan atau Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera dari Pulau Jawa ke wilayah timur Sumatera.

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,20 kilometer dengan progres konstruksi sudah mencapai 99 persen.

Sementara untuk Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer saat ini progres konstruksinya telah mencapai 97 persen. [azz]

Baca juga:
Diresmikan Besok oleh Presiden Jokowi, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Digratiskan
Tol Terbanggi Besar di Sumatera Beroperasi Akhir Tahun Ini
Penusuk Menko Wiranto Pindah ke Pandeglang Karena Rumahnya di Medan Kena Gusur
Jokowi Suntik Modal Hutama Karya Rp10,5 Triliun untuk Bangun Tol Trans Sumatera
Pemerintah Gandeng Jepang Bangun Terowongan di Tol Trans Sumatera
Hutama Karya Bangun Pelabuhan Curah Kering di Ruas Tol Trans Sumatera

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini