Presiden IPA: Minyak dan gas bumi masih jadi tulang punggung energi 30 tahun ke depan

Rabu, 2 Mei 2018 11:01 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Presiden IPA: Minyak dan gas bumi masih jadi tulang punggung energi 30 tahun ke depan Presiden IPA Ronald Gunawan. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali mengadakan 'The 42nd IPA Convention and Exhibition' di Jakarta Convention Center (JCC), sejak 2 hingga 4 Mei 2018. Pameran ini dimaksudkan sebagai ajang diskusi pelaku industri migas Indonesia.

Presiden IPA, Ronald Gunawan, meyakini bahwa minyak dan gas bumi (migas) masih menjadi tulang punggung energi nasional hingga 30 tahun ke depan. Berdasarkan data World Energy Outlook 2017 oleh International Energy Agency (IEA), minyak dan gas bumi juga masih akan tetap menjadi energi utama di dunia dalam 20-30 tahun ke depan, di mana porsi energi dari migas masih di atas 50 persen.

Sementara itu, Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 menetapkan target porsi energi dari migas di 2050 adalah sebesar 44 persen dari total energi nasional.

"Dari data ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa minyak dan gas bumi masih menjadi tulang punggung energi nasional dalam 20-30 tahun ke depan," ungkapnya di Acara Pembukaan 'The 42th IPA Convention and Exhibition' di JCC, Jakarta, Rabu (2/5).

Diketahui, tahun ini IPA Convex ke-42 mengambil tema 'Driving Indonesia’s Oil and Gas Global Competitiveness'. Diskusi dengan topik-topik yang mendukung tema IPA Convex tersebut akan diadakan di Plenary Sessions, Special Session, CEO Forum, dan Technology Sessions.

"Tema tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi hulu migas Indonesia yang terus mengalami penurunan produksi dan karenanya sangat membutuhkan investasi untuk menemukan cadangan migas baru melalui kegiatan eksplorasi," jelasnya.

"Di sisi lain, persaingan global untuk menarik investasi migas berlangsung sangat ketat sehingga diperlukan peningkatan daya saing Indonesia secara global," imbuhnya.

IPA Convex tahun ini diikuti oleh lebih dari 1.700 peserta konvensi, 118 peserta pameran dari berbagai perwakilan perusahaan, Pemerintah dan asosiasi dari dalam dan luar negeri, dan diperkirakan akan dikunjungi oleh lebih dari 21.000 orang. Selain itu sebanyak 82 poster dan 119 presentasi akan ditampilkan melalui sesi presentasi teknis. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini