PPKM Mikro Diperpanjang, Berikut Pembatasan Kegiatan Beberapa Sektor

Sabtu, 20 Februari 2021 12:43 Reporter : Merdeka
PPKM Mikro Diperpanjang, Berikut Pembatasan Kegiatan Beberapa Sektor Anies Baswedan Teken Kepgub Perpanjangan PSBB Transisi. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Menurutnya, perpanjangan ini dilakukan karena PPKM Mikro tahap pertama dinilai berhasil menurunkan jumlah kasus positif covid-19.

Dia menjelaskan, Pemberlakuan PPKM Mikro mencakup seluruh pembatasan kegiatan masyarakat selama PPKM Mikro ini berlaku di kabupaten/kota, dengan pelaksanaannya sampai ke desa/kelurahan di tingkat RT/RW. Namun, pembatasan kegiatan masyarakat selama PPKM Mikro di lingkungan perkantoran dan mal masih tetap berlaku. Untuk perkantoran menerapkan 50 persen Work Frome Home (WFH).

"Untuk instansi pemerintah mengikuti Surat Edaran MenpanRB)," tutur Airlangga dalam konferensi pers virtual pada Sabtu (20/2).

Sementara itu, untuk kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring atau online. Pusat perbelanjaan atau mal beroperasi sampai pukul 21.00 dengan menerapkan protokol kesehatan. Restoran diperbolehkan dine in maksimal 50 persen dengan protokol kesehatan, dan pesan antar tetap diperbolehkan.

Kemudian untuk sektor konstruksi diperbolehkan beroperasi 100 persen dengan protokol kesehatan, tempat ibadah maksimal 50 persen, dan fasilitas umum dihentikan sementara. Transportasi umum disebut harus memperhatikan pengaturan kapasitas dan jam operasional dengan protokol kesehatan.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini