PPKM Buat Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Kembali Negatif

Kamis, 5 Agustus 2021 19:15 Reporter : Merdeka
PPKM Buat Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Kembali Negatif Indonesia bersiap hadapi resesi. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2021 tumbuh sebesar 7,07 persen secara Year on Year (YoY). Namun, pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi diprediksi kembali negatif.

Ekonom Celios, Bima Yudistira mengatakan, pemerintah tidak boleh berpuas diri dengan capaian kuartal II. Sebab, ekonomi kuartal III diperkirakan akan negatif akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Terpenting sekarang adalah pemerintah harus fokus antisipasi kuartal III dan kuartal IV agar ekonomi bisa selamat dari resesi dan tumbuh positif satu tahun penuh," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Kamis (5/8).

Menurutnya, dengan pertumbuhan positif tersebut, Indonesia sudah keluar satu kuartal dari resesi. Mengingat empat kuartal berturut-turut ekonomi Indonesia alami kontraksi pertumbuhan.

"Kita berhasil keluar satu kuartal dari resesi," kata Bhima.

2 dari 2 halaman

Kinerja Kuartal II

ii

Bhima menambahkan, kuartal II harus diakui ada pemulihan yang semu. Misalnya Indeks Keyakinan Konsumen naik menjadi 107,4 menunjukkan masyarakat mulai optimis berbelanja.

Pada saat itu mobilitas sudah mulai tinggi, meski belum seperti pra pandemi. Masyarakat juga terbantu dengan adanya THR dibayar penuh, dan hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"THR berperan penting mendorong masyarakat belanja dan membuat daya beli kembali pulih," tuturnya.

Kinerja sektor industri manufaktur juga bagus. Di kuartal II, PMI manufaktur sempat 53 atau ada di atas angka 50 yang menandakan industri mulai ekspansi kembali.

Kemudian, dari sisi ekspor dan investasi mulai rebound. Kinerja ekspor tertolong harga komoditas pertambangan dan perkebunan yang tinggi.

Reporter Magang: Mutiara Syafira

[bim]

Baca juga:
Mendag Prediksi Kinerja Ekspor di Kuartal III akan Tetap Kuat
Kemenperin Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2021 Capai 4 Persen
Menperin Agus Klaim Penurunan PMI Juli Hanya Sementara
Airlangga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Tinggi dari Korsel dan Vietnam
Menteri Sri Mulyani Sebut Mesin Pertumbuhan Sudah Mulai Kembali Berjalan
Pemerintah Diminta Tetap Waspada Meski Ekonomi Kuartal II Tumbuh Positif
Kurs Rupiah Tetap Melemah Meski Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini