PPATK Soroti Tindak Pencucian Uang Lewat Perdagangan Internasional

Jumat, 22 Oktober 2021 19:38 Reporter : Merdeka
PPATK Soroti Tindak Pencucian Uang Lewat Perdagangan Internasional Ekspor Impor. ©shutterstock.com

Merdeka.com - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae menyoroti isu penyelundupan pajak (tax evasion) dan Pencucian uang berbasis perdagangan (Trade Based Money Laundering) dalam perdagangan internasional.

"Isu Tax Evasion, dan Trade Based Money Laundering atau pencucian uang melalui sarana perdagangan internasiona, Ini saya kira dua isu yang sangat dominan dalam konteks perjanjian kerja sama kita ke depan," kata Dian di Jakarta, Jumat (22/10).

Dia menjelaskan, pencucian uang lewat perdagangan internasional jadi poin kritis dalam upaya pencegahan dan pemberantasan TPPU. "Kita sama-sama maklumi berdasarkan data Internasional, Trade Based Money Laundering ini masih merupakan favorit pada pencuci uang dengan melalui jalur ini," katanya.

Misalnya, dengan memanipulasi Invoice, baik overinvoice, maupun under invoice, yang merupakan modus yang sedang jadi perhatian untuk bisa digarap bersama, antara PPATK dan Kemenkeu. Berdasarkan informasi dari lembaga intelijen keuangan internasional, Indonesia diminta mampu memainkan peran yang lebih menonjol dalam menangani korupsi atau tindakan serupa di lingkup lintas negara.

"Mereka mengharapkan indonesia pada saat ini memainkan peran lebih menonjol, dalam konteks bukan hanya bagaimana kita melakukan pemberantasan korupsi, tapi memang dengan peranan intelijen keuangan dalam ikut serta menindak korupsi terutama lintas negara," katanya.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kerja Sama Pemberantasan Pencucian Uang Dinilai Mampu Optimalkan Penerimaan Negara
Gandeng PPATK Soal Pencucian Uang, Sri Mulyani Harap RI Jadi Anggota FATF
Kemenkeu-PPATK Kerja Sama Berantas Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme
Samarkan Duit Kejahatan, Pengedar Obat Ilegal Rp531 Miliar Buka Reksadana & Asuransi
Polri dan PPATK Bongkar TPPU Hasil Peredaran Obat Ilegal Rp531 M di Mojokerto
Punya Wewenang Sidik TPPU, KKP Ingin Berantas Kejahatan di Lautan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini