PMI Manufaktur Terus Menguat, Ekonomi 2021 Diprediksi Bisa Tumbuh Hingga 5,3 Persen

Kamis, 29 April 2021 12:42 Reporter : Sulaeman
PMI Manufaktur Terus Menguat, Ekonomi 2021 Diprediksi Bisa Tumbuh Hingga 5,3 Persen pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 lebih baik ketimbang tahun lalu. Yakni dengan tumbuh positif di kisaran 4,5 sampai 5,3 persen sebagaimana diproyeksikan oleh pemerintah.

"Dari estimasi-estimasi yang dilakukan menunjukkan bahwa 2021 (ekonomi tumbuh) akan signifikan, jauh lebih baik dibandingkan 2020. Pemerintah mengestimasi 4,5 sampai 5,3 persen untuk pertumbuhan ekonomi secara riil di tahun 2021," tegasnya dalam acara Lecture Series ke-6 bertajuk Pemulihan Ekonomi dari Pandemi Covid-19: Telaah Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi, Kamis (29/4).

Dia mengungkapkan, keyakinan tersebut tak lepas dari apiknya kinerja manufaktur dalam negeri yang telah menuju ke level ekspansif. Hal ini tercermin dari capaian Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 yang berada di level 53,2, atau menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sejak survei ini dimulai pada April 2011.

"53,2 itu level ekspansif. Jadi optimisme ini yang sudah tercermin dari sisi supply inilah harus kita jaga bagaimana demand mulai bergerak lagi untuk merespon sisi supply yang beroperasi dengan disiplin kesehatan secara ketat. Ini yang kita harus jaga untuk pemulihan ekonomi secara signifikan di 2021," terangnya.

Melihat hal tersebut, Febrio menegaskan pentingnya untuk menjaga optimisme dari sisi suplai manufaktur dan bagaimana demand nanti diharapkan bisa mulai bergerak sesuai dengan disiplin kesehatan yang masih terus terjaga.

"Ini yang memang kita harapkan bisa terus kita jaga untuk pemulihan ekonomi kita secara signifikan di 2021 ini," ujarnya.

Sementara, secara global kinerja manufaktur meneruskan tren penguatannya seiring kenaikan pada permintaan baru, khususnya di Amerika Serikat dan Eropa. Sehingga dunia bisnis secara global optimis terhadap pemulihan ekonomi ke depan karena didorong adanya proses vaksinasi, yang diyakini bisa terus meningkatkan PMI Manufaktur.

Baca Selanjutnya: Konsumsi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini