PLN Pulihkan Listrik Enam Kabupaten di NTT Pasca Diterjang Bencana

Sabtu, 10 April 2021 15:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
PLN Pulihkan Listrik Enam Kabupaten di NTT Pasca Diterjang Bencana PLN. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah memulihkan kondisi kelistrikan enam kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebelumnya rusak akibat terdampak badai siklon tropis Seroja. Listrik di 6 kabupaten tersebut kini sudah beroperasi normal 100 persen.

Direktur Bisnis Regional PLN Wilayah Indonesia Timur Syamsul Huda menyebutkan keenam kabupaten itu adalah Manggarai, Manggarai Timur, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sikka, dan Flores Timur. Jumlah ini masih akan terus meningkat.

"Kami telah memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di enam kabupaten di NTT. Kami menargetkan jumlah ini akan terus meningkat seiring tambahan personel dari PLN Group untuk membantu pemulihan," kata Syamsul Huda dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (9/4).

Dalam upaya mempercepat proses pemulihan listrik tersebut, PLN Grup mengerahkan 723 personel mengingat parahnya kerusakan serta wilayah yang cukup luas karena memiliki 21 kabupaten dan satu kota.

Sebanyak 327 unit gardu distribusi listrik di enam kabupaten itu telah beroperasi kembali sehingga 41.850 pelanggan dapat kembali menikmati aliran listrik. Hingga siang ini pukul 12.00 WITA, perseroan mencatat ada 1.578 gardu telah menyala atau 39 persen dari total keseluruhan gardu terdampak badai yang mencapai 4.002 unit.

Saat ini PLN juga menghadapi kendala karena ada kerusakan pada salah satu tower transmisi 70 kiloVolt di section Maulafa - Naibonat akibat tertimpa material longsor. Padahal tower itu merupakan tulang punggung untuk menyalurkan aliran listrik ke Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Belu.

“Kami berharap dengan penambahan personel PLN ditambah 30 anggota TNI dapat mempercepat pembangunan tower kembali,’’ kata Syamsul Huda. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini