KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

PLN pulihkan 35 persen listrik pasca banjir Belitung Timur

Senin, 17 Juli 2017 17:07 Reporter : Idris Rusadi Putra
PLN pulihkan PLN Belitung Timur. Istimewa ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) Wilayah Bangka Belitung telah memulihkan 35 persen pasokan listrik pasca banjir yang terjadi di Belitung Timur. Hingga Senin (17/7), PLN berhasil pulihkan 182 trafo dari 556 unit trafo yang diamankan.

General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung (Babel), Susiana Mutia mengatakan, kondisi kelistrikan di Belitung Timur berangsur pulih. "Kondisi ini membuat sebanyak 6.865 pelanggan sudah menyala dengan beban sebesar 1,6 MW," ujar Susi dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin (17/7).

Sebelumnya, tercatat 10 buah feeder padam dan 556 unit trafo terendam air, hal ini menyebabkan 28 ribu pelanggan harus mengalami pemadaman. Namun kini masih tersisa 21.801 pelanggan lagi yang belum menyala akibat 392 trafo masih terendam banjir.

"Estimasi penormalan paling lambat ada di daerah kampit, gantung, pesak, dan membalong yang diperkirakan baru bisa menyala satu hari ke depan. Dalam operasi penormalan ini listrik ini PLN menerjunkan 41 personil perbaikan yang terbagi dalam tiga tim," jelas Susi.

Sesuai dengan SOP PLN akan mengecek terlebih dahulu kondisi gardu, supaya aman bila dialiri listrik. Jika dari hasil pengecekan diperoleh data bahwa gardu tersebut dipastikan sudah aman, maka PLN dapat segera memberikan tegangan pada gardu-gardu dan penyulang-punyulang yang sebelumnya dipadamkan akibat terendam banjir.

Kondisi pasokan dayanya terpenuhi, hanya saja yang belum memenuhi adalah aspek keamanannya. Prinsipnya yang kami utamakan adalah keselamatan warga dan petugas. "Kita akan menyalakan listrik jika dipastikan kondisi sudah aman."

PLN mengimbau, demi alasan keselamatan warga diminta untuk segera mencabut listrik dari saklar MCB di kWh meter apabila air sudah mencapai sumber listrik (stop kontak). Setelah banjir surut, sebaiknya seluruh peralatan listrik dikeringkan terlebih dahulu dengan sempurna sebelum digunakan kembali. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.