PLN Mengaku Siap Jika Pemerintah Kembali Perpanjang Diskon Tarif Listrik

Rabu, 14 April 2021 19:31 Reporter : Merdeka
PLN Mengaku Siap Jika Pemerintah Kembali Perpanjang Diskon Tarif Listrik meteran listrik. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Pemerintah kembali memperpanjang diskon tarif listrik untuk April hingga Juni 2021. Lantas apakah pemerintah akan kembali memperpanjang program ini setelah Juni 2021?

Menanggapi hal ini, EVP Tarif dan Subsidi (EVP ATS) PT PLN (Persero), Tohari Hadiat menjelaskan sikap PLN. Dia menegaskan bahwa PLN selalu siap jika memang kembali diberikan penugasan oleh pemerintah untuk memperpanjang stimulus tarif listrik.

"PLN dalam posisi harus selalu siap dalam menjalankan penugasan pemerintah, yang penting didiskusikan seperti apa modelnya dari awal. Sehingga kami memiliki persiapan yang cukup untuk menjalankannya sesuai arahan dan penugasan dari pemerintah," ungkap Tohari dalam dialog "Apa Kabar Program Subsidi Listrik?" pada Rabu (14/4).

Pemerintah sendiri memutuskan tetap memberikan stimulus sektor ketenagalistrikan kepada masyarakat dan pelaku usaha pada kuartal II 2021. Namun, stimulus yang diberikan sebesar 50 persen dari stimulus yang diterima sebelumnya.

Artinya, kata Tohari, pelanggan listrik 450 VA yang sebelumnya menikmati layanan secara gratis, harus membayar 50 persen dari tarif yang seharusnya. Kemudian, bagi pelanggan 900 VA yang tadinya membayar 50 persen, mulai bulan ini hanya diberikan diskon 25 persen.

Perubahan ini pula yang membuat anggaran stimulus tarif listrik hanya sebesar Rp2,3 triliun pada kuartal II 2021. Anggaran pada kuartal sebelumnya Rp4,6 triliun.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PLN
  3. Tarif Listrik
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini