PLN janji segera sambungkan listrik kota Batam dan Bintan

Minggu, 24 Maret 2013 12:36 Reporter : Saugy Riyandi
listrik. merdeka.com

Merdeka.com - PT PLN berjanji segera menghubungkan sistem kelistrikan pulau Batam dengan pulau Bintan melalui jaringan listrik interkoneksi kabel listrik bawah laut 150 kiloVolt (kV).

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan proyek ini terdiri dari koridor barat berupa pemasangan kabel listrik bawah tanah 150 kV sepanjang 1.000 meter dan kabel listrik bawah laut sepanjang 3.450 meter dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam di pulau Batam ke pulau Ngenang melewati pulau Tanjung Sauh. Kedua dua pulau itu terletak diantara Batam dan Bintan.

"Kemudian dilanjutkan koridor timur dengan memasang kabel listrik bawah laut 150 kV sepanjang 6.550 meter dari pulau Ngenang ke Tanjung Taloh di pulau Bintan," ujarnya di Jakarta, Minggu (24/3).

Proyek pembangunan jaringan interkoneksi Batam-Bintan akan memakan waktu sekitar 14 bulan, sehingga diharapkan pada pertengahan tahun 2014 sudah selesai. Sehinga pada pertengahan tahun itu, Bintan telah mendapat suplai listrik dari Batam untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Saat ini PLTU Tanjung Kasam 2 x 55 MW telah beroperasi. Dengan beroperasinya PLTU Tanjung Kasam tersebut, maka daya di Batam bertambah dan sistem kelistrikan Batam menjadi lebih andal. Untuk memaksimalkan daya yang dihasilkan pembangkit tersebut, maka kelebihan daya di Batam akan disalurkan ke pulau sekitar seperti Pulau Bintan dan Belakang Padang. [arr]

Topik berita Terkait:
  1. PLN
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.