PGN pasok bahan bakar gas ke kapal baru milik ASDP

Selasa, 25 Juli 2017 15:02 Reporter : Saugy Riyandi
PGN pasok bahan bakar gas ke kapal baru milik ASDP Kapal Ferry di Merak. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam mengoperasikan kapal baru berbahan bakar ganda di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Penandatangan kerja sama pengoperasian kapal berbahan bakar ganda dilakukan antara Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan PGN Gigih Prakoso dan Direktur Teknik dan Operasional ASDP La Mane.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, melalui kerja sama kapal baru yang melintas di Merak-Bakauheni menggunakan dua bahan bakar dengan komposisi 70 persen Liquefied Natural Gas (LNG) dan 30 persen solar.

"Kerja sama ini selain mendorong pembangunan di bidang kemaritiman, juga meningkatkan pemanfaatan gas bumi dari berbagai sektor, termasuk di antaranya transportasi laut," kata Jobi dikutip Antara, Selasa (25/7).

Dengan kapal baru ini, PGN dan ASDP juga mendukung kebutuhan proyek dermaga eksekutif yang ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus 2018.

"Kapal 'Roll On-Roll Off' (Ro-Ro) baru berbahan bakar ganda ini menjadi pilot project di lintasan tersebut, dengan tenaga yang lebih besar namun bahan bakar yang lebih efektif dan efisien," jelas Jobi.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan penggunaan bahan bakar kapal baru di Merak-Bakauheni akan lebih efisien dan ramah lingkungan karena menggunakan dua bahan bakar dengan komposisi 70 persen LNG dan 30 persen solar.

Sinergi ini selain memberikan benefit bagi kedua pihak, juga mendukung kepentingan nasional terkait penghematan bahan bakar solar yang mulai langka dengan memaksimalkan pemanfaatan gas bumi.

Sebelumnya, kerja sama pengoperasian kapal berbahan bakar ganda sudah dilakukan pada 2016 pada lintasan Ketapang-Gilimanuk.

Saat ini, PGN memiliki lebih dari 7.278 kilometer pipa transmisi dan distribusi yang berhasil dibangun. PGN berhasil menyalurkan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan domestik setara dengan 23 juta liter per hari.

PGN memasok gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit, SPBG, serta rumah tangga.

Sementara, ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan 35 pelabuhan yang melayani 202 lintasan penyeberangan yang dilayani total 140 unit kapal (komersial dan perintis) yang merangkai pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini