Peserta Program Kartu Prakerja Baru Bisa Gunakan Rp1 Juta untuk Pelatihan Kerja

Rabu, 22 April 2020 18:59 Reporter : Dwi Aditya Putra
Peserta Program Kartu Prakerja Baru Bisa Gunakan Rp1 Juta untuk Pelatihan Kerja Ilustrasi Kartu Prakerja. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menegaskan bahwa nilai manfaat program kartu prakerja sebesar Rp3,55 juta yang ditransfer ke rekening virtual account peserta tidak bisa dipakai sekaligus. Para peserta baru bisa memanfaatkan program pelatihan saja sebesar Rp1 juta.

"Jumlahnya seperti disampaikan Pak Menko (Airlangga Hartarto) Rp3,55 juta ditransfer penuh ke virtual acccount, tapi di dashboard yang bisa digunakan Rp1 juta terlebih dahulu untuk belanja pelatihan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (22/4).

Seperti diketahui, sebanyak 168.111 orang berhasil lolos seleksi penerima program kartu Prakerja gelombang pertama. Saat ini pemerintah akan menyelesaikan proses transfer ke rekening virtual account para peserta, dengan proses waktu selama 3-5 jam ke depan.

Denni mengatakan untuk sisanya sebesar Rp2,55 juta baru bisa dipergunakan di rekening peserta jika pelatihan diambil dan sudah dituntaskan. Sebab bagaimanapun program kartu Prakerja berusaha meningkatkan daya saing dan kompetensi kerja bagi para peserta.

"Untuk itu kenapa insentif pasca pelatihan peserta tuntaskan dan diberi ulasan dan rating, ini bagian tanggungjawab bersama dan kontribusi peserta latihan dan bersama, ingin memastikan penggunaan atau perusahaan penyedia pelatihan yang dianggap baik oleh publik," terang dia.

1 dari 1 halaman

Pelatihan Berikutnya

rev1

Kemudian setelah penuntasan pertama, para peserta baru bisa beli pelatihan kedua, ketiga, dam keempat. Namun, tidak ada insentif pasca pelatihannya.

"Ini cara kami navigasi konteks masa dimana sedang mengalami pandemi kemudian di satu sisi tetap deliver program kartu prakerja di sisi lain bisa bantu ringankan beban hidup masyarakat terdampak covid," kata dia. [idr]

Baca juga:
Sebanyak 168.111 Orang Lolos Program Kartu Prakerja
ICW: Sudah Seharusnya Belva Syah Mundur dari Stafsus Presiden
Selain Kartu Prakerja, Kemnaker Siapkan Program Padat Karya Tampung Korban PHK
Mundur Stafsus Jokowi, Belva Diminta Tarik RuangGuru dari Mitra Kartu Prakerja
Belva Devara Mundur, Demokrat Minta Jokowi Batalkan Program Pelatihan Online
Buntut Polemik Kartu Prakerja & Ruangguru, Belva Mundur dari Barisan Stafsus Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini