Peserta Prakerja Dapat Rp3,5 Juta Bentuk Pelatihan dan Cash, Ini Syarat Pencairannya

Kamis, 22 Juli 2021 14:40 Reporter : Idris Rusadi Putra
Peserta Prakerja Dapat Rp3,5 Juta Bentuk Pelatihan dan Cash, Ini Syarat Pencairannya Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) akan melanjutkan program Kartu Prakerja di semester II-2021. Keputusan ini sekaigus merespons adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021 lalu.

Pemerintah sendiri menyiapkan anggaran Rp10 triliun untuk program Kartu Prakerja di semester II-2021. Anggaran ini cukup untuk memberi insentif dan pelatihan ke 2,8 juta peserta.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan, total manfaat yang bisa diterima peserta adalah sebesar Rp3.550.000. Total dana ini akan dibagi beberapa ke beberapa pos, yaitu:

1. Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta.
2. Dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan.
3. Dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp150.000 yang dibayarkan sebesar Rp50.000 setiap survei.

Untuk mendapat insentif dengan total Rp3.550.000 tersebut. Calon peserta harus mendaftar dengan melalui tiga tahap. Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id.

"Kemudian, pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip dari laman Setkab.

Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama lebih kurang 15 menit. Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

2 dari 2 halaman

Syarat Pencairan

Namun demikian, untuk mencairkan insentif tersebut. Peserta Kartu Prakerja harus menyelesaikan beberapa syarat. Insentif uang tersebut memang bisa dicairkan, berbeda dengan biaya pelatihan yang besarannya Rp1 juta.

Biaya pelatihan hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang disediakan oleh mitra Prakerja. Untuk mendapatkan insentif biaya mencari kerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

-Sudah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
-Sudah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan
-Sudah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan di Platform Digital
-Berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id
-Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan sudah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Apabila Anda mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Itu artinya, tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya. [idr]

Baca juga:
Pemerintah Tambah Dana Kartu Prakerja Jadi Rp30 Triliun
Kembali Dibuka Juli, Program Kartu Prakerja Sediakan Kuota 2,8 Juta Pendaftar
Deretan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Selama PPKM Darurat
Anggaran Sisa Kartu Prakerja 2020 Telah Dikembalikan ke Negara
Pemerintah akan Lanjutkan Program Kartu Prakerja di Semester II-2021

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kartu Prakerja
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini