Peserta Kartu Prakerja Gelombang I akan Terima Insentif Paling Lambat 1 Mei

Rabu, 29 April 2020 15:00 Reporter : Merdeka
Peserta Kartu Prakerja Gelombang I akan Terima Insentif Paling Lambat 1 Mei kartu prakerja. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menjanjikan akan memberikan uang insentif kepada peserta gelombang I yang telah mengikuti program pelatihan pertama pada pekan ini, atau paling lambat Jumat (1/5).

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, peserta gelombang pertama memang masih harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan insentif pasca pelatihan.

"Itu karena ada proses rekonsiliasi dan settlement yang dilakukan antar pihak, dan kita ingin memastikan digital wallet-nya tidak kesasar rekeningnya," jelasnya dalam sesi teleconference, Rabu (29/4).

"Satu lagi, ada proses pendaftaran kalau memang belum punya rekening bank atau e-wallet," imbuhnya.

Berkat adanya proses tersebut, peserta di kloter pertama masih harus menyelesaikan satu siklus dari program Kartu Prakerja. "Mereka sudah mengambil training, sudah menuntaskan satu training, tapi ketika mengklaim benefit, sesuai PKS (Perjanjian Kerja Sama) kami membutuhkan benefit 5-7 hari kerja," paparnya.

Denni pun memastikan, sebanyak 168.111 orang peserta gelombang I Kartu Prakerja akan menerima bekal insentif pertama sebesar Rp 600 ribu pada pekan ini.

"Mungkin minggu ini paling lambat Jumat, mulai teman-teman yang 168 ribu dimana 110 ribunya sudah mengambil pelatihan itu yang akan mulai menerima Rp 600 ribu insentif pasca pelatihan," ujar dia.

1 dari 1 halaman

Pelatihan Selesai

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky menegaskan, pemberian insentif peserta program kartu prakerja sebesar Rp600.000 per bulan akan cair jika peserta sudah menyelesaikan pelatihannya. Adapun besaran insentif ini akan diberikan selama empat bulan.

"Setelah penerima manfaat menyelesaikan pelatihan maka penerima kartu prakerja dapat menerima bantuan insentif sebesar Rp600.000 per bulan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (27/4).

Untuk mencairkan insentif tersebut, peserta dapat dengan bebas memilih rekening atau mendaftarkan rekening miliknya, bisa melalui Bank BNI atau salah satu rekening mitra pembayaran lainya. Setelah itu, pemerintah akan mentransfer langsung dari BNI ke rekening penerima manfaat.

"Insentif akan ditransfer langsung dari BNI ke rekening penerima manfaat setelah penerima tuntaskan 1 latihan dan berikan ulasan rating," tandas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Gerindra Minta KPK Awasi Kartu Prakerja: Jangan Sampai Jokowi Ditipu Anak Kecil
Kartu Prakerja Target Tarik 2 Juta Peserta dalam Satu Bulan
Sebanyak 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja Gelombang Kedua
Buruh di Jateng Pilih Dapat BLT Daripada Ikut Program Kartu Prakerja
Pemerintah Harap Inklusi Keuangan RI Makin Meningkat Lewat Kartu Prakerja
Masyarakat Diminta Manfaatkan Smartphone untuk Cari Peluang Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini