Pesanan Boeing 737 Max 8 Garuda Indonesia Masih 49 Unit Lagi, Bagaimana Nasibnya?

Selasa, 12 Maret 2019 15:39 Reporter : Kirom
Pesanan Boeing 737 Max 8 Garuda Indonesia Masih 49 Unit Lagi, Bagaimana Nasibnya? Boeing milik Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - PT Garuda Indonesia telah memesan 50 unit pesawat Boeing 737 Max 8 pada 2017 lalu. Sejauh ini, baru satu unit pesawat yang telah datang dan dioperasikan.

Bagaimana nasib sisa pesawat? Apakah Garuda Indonesia akan tetap memproses pembelian?

Vice President Air Worthiness Garuda Indonesia, Purnomo, mengatakan pesawat Boeing 737 Max 8 yang akan didatangkan dilakukan secara bertahap ke Indonesia. Terkait nasib pesanan sisa, akan tergantung pada laporan perbaikan yang dilakukan pihak Boeing.

"Kalau terealisasi, tergantung dari hasil perbaikan yang akan disampaikan Boeing. Artinya sangat tergantung sekali dengan kondisi apakah pesawat bisa stay atau tidak di Garuda Indonesia," ujar Purnomo di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/3).

Sejauh ini, tim dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan telah memulai pemeriksaan terhadap unit pesawat Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia.

Purnomo menerangkan, berdasarkan hasil pemeriksaan awal yang dilakukan DKPPU, tidak ditemukan adanya kejanggalan pada pesawat Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia untuk rute domestik ini.

"Kalau ada temuan bisa segera kita lanjuti untuk segera diperbaiki," kata Purnomo.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub telah melakukan koordinasi kepada pihak Boeing, dan pihak Boeing akan memberikan keterangan terkini terkait hasil investigasi kecelakaan Ethiopian Airlines.

Pihak Boeing juga siap menjawab pertanyaan dari Ditjen Hubud tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan aiworthy jenis pesawat terbang Boeing 737-8 Max. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini