Pesan Wamen PU pada Jokowi, masih banyak yang harus dibangun

Jumat, 17 Oktober 2014 14:06 Reporter : Saugy Riyandi
Pesan Wamen PU pada Jokowi, masih banyak yang harus dibangun Jokowi resmikan Jalan Layang Non Tol. ©2013 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Masa jabatan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono tinggal menghitung hari. Para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu juga akan berakhir masa jabatannya.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menjelaskan masih banyak pekerjaan rumah untuk pemerintahan mendatang. Terutama Menteri Pekerjaan Umum pada kabinet pemerintahan Jokowi-JK.

Utamanya soal pembangunan infrastruktur dan perbanyak penggunaan beton dan baja dalam pembangunan. "Masih banyak yang harus kita bangun. Seperti tadi, menggalakkan penggunaan beton precast (pra cetak) yang harus dipacu dan industri baja yang harus didukung," ujar Hermanto di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, jumat (17/10).

Tidak hanya infrastruktur, pembangunan kawasan tertinggal juga harus ditingkatkan. Begitu pula dengan pemanfaatan sumber daya air untuk ketahanan pangan dalam negeri.

"Jadi air ini kan waduk-waduk potensinya di batas 70.000 megawatt tapi kita masih di bawah 10 persen penggunaannya. Padahal ini kan energi terbarukan. Itu yang harus dimaksimalkan lagi. Termasuk, dari segi sanitasi, air bersih dan pemukiman kumuh ke depan masih banyak yang harus diperbaiki," jelas dia.

Menurut dia, pembangunan sarana dan prasarana menjadi salah satu faktor pendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, pembangunan infrastruktur tidak semudah membalik telapak tangan.

"Ini untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional. Ini tantangan buat pemerintahan ke depan," pungkas dia. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini