Pesan Chairul Tanjung untuk Pengelolaan BUMN Lebih Baik

Kamis, 31 Oktober 2019 14:23 Reporter : Merdeka
Pesan Chairul Tanjung untuk Pengelolaan BUMN Lebih Baik Chairul Tanjung. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Founder and Chairman PT CT Corp, Chairul Tanjung membeberkan tantangan yang akan dihadapi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke depan. Sebagai badan usaha yang unik, menurutnya, BUMN harus bisa seimbang dari sisi ekonomi dan sisi ideologi.

"Tantangannya BUMN agent of development, jadi tentu BUMN harus untung untuk memberikan kontribusi yang cukup baik untuk APBN. Tapi di lain itu BUMN juga punya fungsi untuk mendevelop artinya mengembangkan potensi-potensi yang belum berkembang," ujarnya usai bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Kamis (31/10).

Pria yang akrab dipanggil CT ini menambahkan, mengembangkan potensi tersebut maksudnya BUMN bisa bergerak di tengah situasi ekonomi yang ada dengan baik, selain berfungsi menjalankan public service obligation (kewajiban pelayanan publik).

Untuk menghadapi tantangan tersebut, butuh sinergi yang kuat bukan hanya dari tiap-tiap BUMN, namun juga dari perusahaan swasta. Ekonomi Indonesia dibangun dengan kerjasama perusahaan BUMN dan swasta, yang dinamakan Indonesia Incorporated.

"Sehingga nanti diperbesar kalau selama ini sinergi BUMN jadi sinergi Indonesia," ujarnya.

Dari sisi sinergi BUMN sendiri, CT menilai tidak akan ada kesulitan yang berarti jika tiap perusahaan memiliki visi yang sama. Harus tertanam prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang baik dan sikap profesionalisme.

"Kita kan punya masalah besar, situasi global sedang tidak baik, kalau tidak kompak bersama ya susah, kompak aja belum tentu menang, apalagi tidak kompak," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini