Perusahaan Unicorn Bawa Iklim Bisnis Indonesia Berkelas Dunia

Selasa, 19 Februari 2019 12:41 Reporter : Anggun P. Situmorang
Perusahaan Unicorn Bawa Iklim Bisnis Indonesia Berkelas Dunia Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro soal unicorn. ©2018 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, mengatakan keberadaan unicorn berdampak signifikan terhadap ekonomi Indonesia. Sebab, dengan adanya unicorn berarti bisnis Indonesia sudah bertaraf internasional.

"Jelas signifikan. Artinya kan, unicorn sendiri menunjukkan bahwa di dalam bisnis startup tersebut ada bisnis yang sudah level internasional. Dengan market value (nilai pasar) yang besar," ujar Menteri Bambang di Hotel Ayana, Jakarta, Selasa (19/2).

Menteri Bambang mengatakan market pasar yang yang cukup besar pasti akan mengundang arus modal masuk ke Indonesia. Sehingga, hal ini dapat membuat perusahaan rintisan (startup) milik anak bangsa semakin mendunia.

"Market value yang besar pasti akan mengundang modal masuk dan kita harapkan juga kalau makin besar, dia menjadi pelaku yang semakin global. Dan bisa, kita harapkan membawa produk kita, sehingga tidak berjaya di dalam negeri, tapi juga bisa menembus online internasional," jelasnya.

Mantan Menteri Keuangan itu tidak menargetkan jumlah ideal unicorn yang harus dimiliki Indonesia. Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah menciptakan startup yang berdaya saing dan mampu mendorong kewirausahaan milik Indonesia.

"Tentunya tidak bisa dilihat seperti itu. Mau jumlah berapa. Tapi, yang paling penting adalah daya saing dari yang sudah ada, startup. Yang lebih penting adalah memperbaiki tingkat keberhasilan startup, daripada, masalah berapa unicorn. Kalau kita punya unicorn banyak tapi success rationya rendah, kan berarti tidak bagus untuk mendorong kewirausahaan Indonesia," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini