Perusahaan Efek Daerah bisa jadikan anggota bursa sebagai sponsor

Kamis, 9 Agustus 2018 12:29 Reporter : Merdeka
Perusahaan Efek Daerah bisa jadikan anggota bursa sebagai sponsor bursa saham. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi menyatakan Perusahaan Efek Daerah (PE Daerah) dapat menjadikan Anggota Bursa (AB) sebagai pihak sponsor yang meneruskan pesanan dari nasabah untuk melakukan transaksi.

Dia menjelaskan, rancangan PE Daerah sengaja dibuat BEI sebagai solusi bagi langkah untuk literasi dan inklusi ke potensi nasabah yang selama ini belum banyak tersentuh, yakni di daerah-daerah.

"Mungkin perusahaan efek yang ada sekarang belum melihat itu sebagai potensi bisnis yang memadai. Sehingga membatasi diri untuk beraktifitas di daerah-daerah tertentu," ungkap dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (9/8).

"Tapi dengan adanya kemitraan dengan PE Daerah yang notabene mungkin punya komitmen lebih, PE Daerah jadi solusi untuk menjangkau para calon investor di daerah-daerah yang berpotensi," imbuhnya.

Dia melanjutkan, rencana pembentukan PE Daerah ini sebetulnya sudah mulai berjalan, namun akan mulai aktif secara keseluruhan di 2019. Selain itu, setiap PE Daerah yang berdiri dimungkinkan untuk meneruskan pesanan nasabahnya melalui Anggota Bursa (AB) yang disebut AB sponsor.

"Tentu saling menguntungkan, karena PE daerah akan menjadikan AB-nya sebagai AB Sponsor yang nanti akan mewakilkan mereka melakukan transaksi dengan nasabah," jelas dia.

Lebih lanjut, ada beberapa syarat khusus untuk menjadi AB sponsor, terutama harus dapat mengelola secara terpisah aset-aset nasabah dalam PE Daerah. "Yang lainnya tentu sebelum itu terjadi mereka harus punya semacam perjanjian kerjasama yang mengatur hak dan kewajiban para pihak, baik sebagai AB sponsor maupun PE Daerahnya," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini