KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pertarungan maskapai penerbangan di lapangan hijau

Rabu, 21 Agustus 2013 07:28 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
ilustrasi sepak bola. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sepak bola saat ini sudah menjadi komoditas ekonomi yang menggiurkan. Besarnya jumlah pecinta olahraga ini menjadi pangsa pasar nan seksi bagi tiap pengusaha.

Apapun bisa dijual dari sepak bola. Mulai dari atribut hingga citra dari klub atau pemain. Maka tak ayal menjadi sponsor bagi klub sepak bola diyakini sebagai salah satu promosi yang tepat dan efektif.

Perusahaan maskapai penerbangan salah satunya. Semakin dikenalnya satu maskapai membuat perusahaan tersebut meraup untung besar dari para konsumen burung besi ini.

Sponsorship Today, sebuah konsultan pemasaran dari Inggris, merilis laporan yang mana besaran belanja sponsorship dari industri penerbangan mencapai sekitar USD 515 juta per tahun secara rerata. Angka ini setara dengan Rp 5,4 triliun jika menggunakan kurs saat ini yakni Rp 10.489 per USD.

Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai yang ikut berkecimpung dalam sponsorship klub sepak bola. Pengamat marketing Rhenald Kasali mengaku tidak heran banyak perusahaan nasional yang menjadi sponsor klub sepak bola Eropa.

"Sekarang saatnya masuk (ekspansi) ke Eropa karena mereka sedang krisis. Mereka kesulitan dana karena budget untuk sponsor dan promosi ditekan, dan ini peluang bagi kita untuk masuk," ungkap Rhenald kepada merdeka.com.

Apa keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan menjadi sponsor klub-klub tersebut? Salah satunya adalah positioning perusahaan dan produknya di pasar dunia.

Lalu apa saja maskapai yang menjadi sponsor klub sepak bola? Berikut merdeka.com mencoba merangkum beberapa perusahaan tersebut.

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.