Pertamina Tertarik Beli Minyak Mentah Rusia karena Harga Lebih Murah

Selasa, 29 Maret 2022 17:45 Reporter : Sulaeman
Pertamina Tertarik Beli Minyak Mentah Rusia karena Harga Lebih Murah nicke widyawati. ©2018 twitter.com

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) mengaku tertarik untuk membeli minyak mentah asal Rusia dalam waktu dekat. Menyusul, adanya keuntungan nilai beli yang lebih murah imbas sanksi dari negara-negara Barat.

"Di saat harga sekarang situasi geopolitik, kita melihat ada opportunity untuk membeli minyak dari Rusia dengan harga baik," ujar Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawatidalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Senin (29/3).

Nicke memastikan, pembelian minyak mentah dari Rusia tersebut tidak akan menimbulkan permasalahan politis. Mengingat, proses pembelian hanya dilakukan terhadap perusahaan yang tidak mendapatkan sanksi internasional dan dilakukan secara business to Business (b to b).

Saat ini, rencana tersebut masih dalam proses koordinasi bersama Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia.

"Secara politis tidak ada masalah sepanjang perusahaan yang kita deal tidak terkena sanksi (internasional) dan murni b to b," tekannya.

Meski begitu, minyak mentah asal Rusia tersebut hanya akan diolah di Kilang Balongan yang masih menunggu masa pembenahan atau revamping yang ditargetkan selesai pada Mei 2022. Sebab, semua kilang milik Pertamina hanya mampu mengolah minyak dengan kandungan sulfur rendah seperti yang diproduksi oleh Saudi Aramco.

"Kalau ini (minyak asal Rusia) bisa masuk karena kilang kita selesai di revamping baru Balongan. Kita akan melakukan pengadaan ke Rusia," tutupnya. [idr]

Baca juga:
Kilang Saudi Aramco Terbakar Bikin Pasar Dunia Tambah Panik
ESDM: Harga Keekonomian Pertamax Rp16.000 per Liter di April 2022
Menghitung Harga Wajar BBM Non-Subsidi, Pertamax Harusnya Dijual Berapa?
Meski Minyak Dunia Makin Mahal, Pemerintah Janjikan Harga Pertalite Tak Naik
Stok Minyak Goreng Melimpah Setelah HET Dicabut, Begini Reaksi Warga Semarang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini