Pertamina Telah Kumpulkan Minyak Tumpah Sebanyak 13.427 Barel

Senin, 26 Agustus 2019 14:24 Reporter : Merdeka
Pertamina Telah Kumpulkan Minyak Tumpah Sebanyak 13.427 Barel Tumpahan Minyak Pertamina Cemari Perairan Muara Gembong. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pertamina Hulu Energi (PHE) mencatat total tumpahan minyak di Pantai Utara Jawa yang telah berhasil terkumpul mencapai 13.427 barel. Tumpahan tersebut berasal dari sumur YYA-1 Blok Off North West Java (ONWJ).

Insident Commander Proyek YYA-1 PHE Taufik Adityawarman mengatakan,‎ jumlah minyak yang tumpah di perairan Karawang Jawa Barat sejak 12 Juli 2019 sampai 25 Agustus 2019 fluktuatif, berkisar 600 sampai 700 barel dengan puncak produksi 1.000 barel. Total tumpahan minyak yang telah berhasil terkumpul mencapai 13.427 barel.

"‎Kemarin puncaknya 1.000 barel kita tangkap. Komulatif 13.427 barel yang dari offshore," kata Taufik di Kantor PHE, Jakarta, Senin (26/8).

Menurut Taufik, minyak yang keluar dari Sumur YYA-1 ‎tidak stabil jumlahnya karena kondisi kandungan minyak dari sumur tersebut dinamis. Jumlah tumpahan minyak yang terkumpul semakin bertambah.

"Hasil tangkapan semakin hari semakin banyak. Tapi data reservoar, yang saya pahami bahwa setiap hari produksi tidak pasti dan stabil. Karena karakter reservoar itu dinamis‎," tandasnya.

Menurut Taufik, berbagai cara akan ditempuh Pertamina untuk mempercepat penanganan tumpahan minyak, termasuk menggunakan tenaga kerja asing.

‎"Sebagaimana pernah kita sampaikan bahwa segala daya upaya kita akan kerahkan untuk bisa percepat proses spill combating atau recovery. Adanya resource luar negeri benar ada," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini