Pertamina Libatkan Pihak Asing Investigasi Kebakaran Kilang Balongan

Senin, 5 April 2021 17:33 Reporter : Merdeka
Pertamina Libatkan Pihak Asing Investigasi Kebakaran Kilang Balongan Kilang Balongan Terbakar. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) masih melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Maret 2021. Tim investigasi terdiri dari ahli dalam dan luar negeri.

"Terkait penyebab insiden ini masih dilakukan investigasi. Tim gabungannya ada internal dan eksternal. Tim internal ini ada dari aparat hukum dan juga tim ahli baik dari dalam dan luar negeri," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam RDP dengan Komisi VII DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (5/4).

Nicke menegaskan pihaknya membuka ruang seluas-luasnya bagi tim investigasi. Namun menurunya, tim investigasi baru dapat masuk area kebakaran setelah kondisi benar-benar aman. Pasalnya, dua hari setelah api yang pada awal kejadian sudah berhasil dipadamkan, kembali menyala.

"Ini terjadi karena masih ada BBM yang terjebak di bawah, sehingga kami lakukan berbagai cara dan dilanjutkan dengan pendinginan. Setelah itu, baru tim investigasi bisa masuk ke dalam," jelasnya.

Nicke menjelaskan, Kilang Balongan berkontribusi 12 persen dari total produksi BBM secara nasional. Pasokannya didistribusikan ke DKI Jakarta dan wilayah Jawa Barat. "Kejadian kebakaran ada di empat tangki, T301 E, F, G, H di dalam satu bund wall dengan kapasitas masing-masing 26 ribu KL, di area kurang lebih dua hektare," tuturnya.

Pada saat kejadian, kata Nicke, tangki G berisi 23 ribu Pertalite, sedangkan tangki lainnya dalam kondisi kosong. "Area kilang itu totalnya 260 hektare, dan yang sudah ada bangunannya 180 hektare. Jadi empat tangki dari 72 tangki yang ada di area Kilang Balongan," ungkapnya.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini