Pertamina Libatkan Pekerja Asing Percepat Penanganan Tumpahan Minyak

Senin, 26 Agustus 2019 14:10 Reporter : Merdeka
Pertamina Libatkan Pekerja Asing Percepat Penanganan Tumpahan Minyak Tumpahan limbah minyak mentah mencemari pesisir pantai utara Karawang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pertamina melibatkan Tenaga Kerja Asing (TKA) dalam penangan‎an tumpahan minyak di Pantai Utara Jawa, akibat kebocoran gas di Sumur YYA-1 Blok North West Java (ONWJ).

Insident Commander Proyek YYA-1 Taufik Adityawarman mengatakan, berbagai cara akan ditempuh Pertamina untuk mempercepat penanganan tumpahan minyak, termasuk menggunakan tenaga kerja asing.

‎"Sebagaimana pernah kita sampaikan bahwa segala daya upaya kita akan kerahkan untuk bisa percepat proses spill combating atau recovery. Adanya resource luar negeri benar ada," kata Taufik di Kantor PHE ONWJ, Jakarta, Senin (26/8).

Menurut Taufik, tenaga kerja asing dilibatkan karena sumber daya manusia dalam negeri sudah tidak tersedia untuk menanganinya, hal ini sudah dilaporkan ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Kita komunikasikan di SKK Migas dan Hubla, kita mendapatkan kalau saya tidak bisa bilang izin tapi upaya yang kita buat,"‎ tuturnya.

Taufik mengungkapkan, tangkapan minyak diusahakan semakin dipercepat, saat ini tangkapan minyak semakin bertambah. "Saya dengan tim bahwa apapun yang kita bisa lakukan percepat spill combating alhamdulillah semakin ke sini kita bisa recover offshore crude makin banyak," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini