Pertamina klaim volume BBM hemat 600 ribu kiloliter

Jumat, 29 November 2013 19:24 Reporter : Nurul Julaikah
Pertamina klaim volume BBM hemat 600 ribu kiloliter SPBU. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Pertamina mengklaim total volume bahan bakar minyak (BBM) yang bisa dihemat pada tahun ini sekitar 600 ribu kiloliter.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Vice President Retail Marketing Pertamina Suhartoko usai menghadiri rapat koordinasi, di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (29/11).

Dia menjelaskan, Pertamina sejauh ini dapat menghemat penggunaan premium sebanyak 1 juta kl dari target konsumsi premium yang ditetapkan pemerintah sebesar 29,20 kl.

Sedangkan, penggunaan minyak tanah sejauh ini dapat dihemat sebanyak 8 persen dari target konsumsinya yang sebesar 1,7 juta Kilo Liter. "Jadi yang bilang Pertamina di kasih berapapun akan habis itu tidak benar," jelasnya.

Namun, konsumsi solar diperkirakan sedikit bertambah sekitar 47,9 persen dibanding tahun lalu. Atas dasar itu, Pertamina akan mengalokasikan anggaran hasil penghematan premium 1 juta kl untuk menambal kebutuhan pengadaan solar.

"Jadi, untuk quta total bahan bakar yang dihemat sekitar 600-an ribu kl," katanya.

Terkait pelemahan rupiah, Suhartoko menegaskan, tidak berdampak pada konsumsi pertamax. Mengingat, harga jual pertamax didasarkan pada pergerakan harga minyak internasional. "Ramai-Ramai beralih ke premium tidak ya." [yud]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Subsidi BBM
  3. Pertamina
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini