Pertamina ciptakan inovasi bernilai Rp 10,2 T tahun ini

Senin, 2 November 2015 15:09 Reporter : Yunita Amalia
Pertamina ciptakan inovasi bernilai Rp 10,2 T tahun ini Pertamina. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Pertamina mencatat inovasi yang dilakukan persero dalam ajang Annual Pertamina Quality (APQ) 2015 dapat menghasilkan "value creation" atau penciptaan nilai tambah sebesar Rp 10,2 triliun. Melalui kegiatan ini, Pertamina dapat berperan aktif sebagai model panutan, mendorong penyelesaian masalah, mendorong penerapan sistem standar, mengembangkan biaya serta berbagi pengetahuan barang dan jasa.

"Ini membuktikan aset pengetahuan merupakan keuntungan yang kompetitif untuk perusahaan," ujar Direktur Keuangan PT Pertamina Arief Budiman di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (2/11).

Kegiatan tahunan kompetisi inovasi dan continous improvement program (CIP) atau program pengembangan berkelanjutan itu diharapkan dapat mendorong pengembangan budaya berbagai pengetahuan serta menyelesaikan masalah pekerjaan.

VP Quality, System and Knowledge Management Pertamina Faisal Yusra mengatakan jumlah penciptaan nilai tersebut didapat dari akumulasi efisiensi, penambahan pendapatan dan kualitas produk dari seluruh unit bisnis Pertamina yang baru dari 1.860 inovasi Pertamina.

Penciptaan nilai dari kegiatan tersebut pada 2015 sebesar Rp 10,2 triliun, pada 2014 sebesar Rp 8,008 triliun, pada 2013 sebesar Rp 2,71 triliun dan pada 2012 sebesar Rp 1,85 triliun dan pada 2011 sebesar Rp 1,29 triliun.

Menurut Faisal, penciptaan nilai tersebut sangat membantu Pertamina dalam mempertahankan efisiensi dalam menghadapi kondisi ekonomi global. Selain itu, inovasi dapat menjadi titik tolak terciptanya sinergi di seluruh fungsi dan lini bisnis untuk meningkatkan kinerja dan daya saing di skala global agar siap menghadapi turbulensi bisnis migas yang sedang lesu.

"Pada saat situasi migas dunia yang volatile, Pertamina sanggup mempertahankan efisiensi sehingga tidak menerima goncangan kondisi situasi migas dunia," ujar dia. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini