Pertama di Indonesia, bandara Bali bisa tampung pesawat raksasa

Kamis, 16 Mei 2013 10:46 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pertama di Indonesia, bandara Bali bisa tampung pesawat raksasa Bandara Ngurah Rai. ngurahrai-airport.co.id

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini, Kamis (16/5) mengadakan rapat pimpinan di Kantor Angkasa Pura I (AP I), Kemayoran, Jakarta. Seusai rapat, Dahlan sempat melihat-lihat maket atau percontohan Bandara Ngurah Rai Bali yang dipamerkan di lobi kantor AP I.

Dahlan merasa kagum dengan pengembangan Bandara Ngurah Rai karena akan mempunyai fasilitas untuk pesawat raksasa double deck atau kabin tingkat tipe A380.

"Ini bandara pertama di Indonesia yang mempunyai fasilitas lengkap untuk A380 double deck," kata Dahlan yang saat itu juga ditemani Direktur Utama AP I, Tommy Soetomo.

Bandara Kualanamu di Medan saat ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendaratan pesawat tipe tersebut. Namun menurut Dahlan, fasilitas di Bali lebih memungkinkan karena dilengkapi garbarata (tempat turun penumpang langsung ke terminal) ganda.

"Jadi langsung ke kabin tingkat, yang atas dan bawah. Kualanamu tidak terlanjur disiapkan," jelas Dahlan.

Nantinya setelah Bandara Ngurah Rai, terminal III Bandara Soetta juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang sama. Pesawat dengan kapasitas penumpang sekitar 700 tersebut juga bisa menurunkan penumpang dengan nyaman. "Terminal III Cengkareng nanti ada itu juga," tambahnya.

Direktur Utama AP I, Tommy Soetomo menambahkan dalam pembuatan proyek tersebut pihaknya bekerjasama dengan Bukaka yaitu anak usaha Kalla Group.

[bmo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Dahlan Iskan
  3. Bandara
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini