Perlancar Sistem Logistik, Pemerintah Bangun 8 Pelabuhan Terintegrasi

Kamis, 10 Juni 2021 13:31 Reporter : Anisyah Al Faqir
Perlancar Sistem Logistik, Pemerintah Bangun 8 Pelabuhan Terintegrasi Pelabuhan Tanjung Priok. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah baru saja meresmikan Pelabuhan Batam Center di Kepulauan Riau. Pelabuhan skala internasional ini ditetapkan menjadi pelabuhan utama dalam upaya menciptakan ekosistem logistik nasional.

"National Logistic Ecosistem ini sudah ada pertama di Batam yang sudah diresmikan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Jakarta, Kamis (10/6).

Selain itu, Menko Luhut menyebut, Pemerintah saat ini juga tengah membangun 8 pelabuhan dengan tujuan yang sama di sejumlah wilayah. Pelabuhan-pelabuhan tersebut nantinya akan dibuat terintegrasi agar memudahkan proses pengiriman logistik.

"Muaranya ini semua terintegrasi karena akan membawa efisiensi," kata dia

Selain itu, Menko Luhut juga ingin dalam program tol laut, kapal-kapal pulang pergi dengan membawa muatan penuh. Maka, dia meminta agar Pemerintah Daerah turun tangan dan mengoptimalisasikan kinerja daerah agar ada barang dari daerah yang dijadikan komoditas ke luar wilayah.

Caranya, bisa dengan mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi atau UMKM dan UKM bisa menjual produk ke luar daerah.

"Saya minta optimasi daerah 3TP (terdepan, terpencil, tertinggal dan perbatasan) agar mengisi muatan dari petani, peternak, pengrajin dan masyarakat lainnya," kata dia.

Menko Luhut ingin semua pihak bisa bekerja sama untuk mendorong kesuksesan program ini. "Saya titip kita ayo lakukan pekerjaan ini, tidak mudah dan susah kalau kita kompak melakukannya," kata dia mengakhiri.

Baca Selanjutnya: Menko Luhut: Kita akan Buldoser...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini