Perkuat Kerjasama dengan Jepang, Pemerintah Luncurkan Platform Ekonomi Jaipong

Rabu, 14 Oktober 2020 15:28 Reporter : Dwi Aditya Putra
Perkuat Kerjasama dengan Jepang, Pemerintah Luncurkan Platform Ekonomi Jaipong Jepang. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia meluncurkan platform dashboard ekonomi antara KBRI Tokyo dengan Bank Indoensia, Kementerian Perdagangan dan BKPM yang bernama Japan-Indonesia Partnership Lounge atau Jaipong. Platform ini akan menyajikan informasi komprehensif terkait peluang kerjasama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jepang .

Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Hery Akhmadi mengatakan, melalui peluncuran dashboard ini maka data ekonomi Indonesia dan Jepang akan terintegrasi. Sehingga calon investor dan badan usaha di Jepang akan mendapatkan informasi yang akurat dan tepat waktu.

"Bersamaan dengan itu, Japan-Indo partnership launch dashboard economy Indonesia Jepang yang dibangun untuk menyediakan penyediaan data ekonomi yang terintegrasi secara current, realiable, akurat dan timely," ujarnya dalam sambutan peluncuran JAIPONG secara virtual, Rabu (14/10).

Dia mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 penting untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jepang dengan memperkuat berbagai capaian kinerja diplomasi bidang ekonomi. Apalagi Jepang merupakan mitra strategis Indonesia.

Bahkan pemerintah Jepang dan sektor swasta terus memainkan peran penting dukung pembangunan ekonomi di Tanah Air. Oleh karena itu, di tengah perekonomian yang melambat merupakan momentum yang tepat untuk mengkaji ulang strategi yang membuka ruang komunikasi antara pemerintah Indonesia dan Jepang, tidak hanya untuk investasi dan perdagangan.

"Di tengah pandemi peran Jepang sangat besar, ada tantangan besar ke depan untuk bisa tingkatkan nilai perdagangan, investasi Indonesia-Jepang mengingat surplus perdagangan kita dengan Jepang terus tunjukan kecenderungan menurun dan juga sisi investasi peranan Jepang berkurang dari sebelumnya," jelas dia.

Baca Selanjutnya: Peluang di Tengah Pandemi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini